YLKB Batam Kawal Implementasi Tariff Adjustment

TERASBATAM.ID: Penyesuaian tarif tenaga listrik (tariff adjustment) PT PLN Batam di tengah pertumbuhan ekonomi dan industri di wilayah tersebut menjadi sorotan. Yayasan Lembaga Konsumen Batam (YLKB) memastikan akan mengawal implementasi kebijakan ini demi mewujudkan listrik yang berkeadilan dan andal.

Keputusan pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk menaikkan tarif bagi sebagian golongan pelanggan nonsubsidi didasarkan pada perubahan parameter makro ekonomi, seperti kurs, inflasi, dan harga energi primer.

Ketua YLKB Batam, Herry Irianto, mendukung langkah pemerintah untuk menyeimbangkan tarif dengan subsidi yang tepat sasaran. “Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk mengoreksi subsidi yang tidak tepat sasaran,” jelas Herry.

YLKB menekankan pentingnya subsidi listrik untuk dinikmati oleh masyarakat yang tidak mampu, sehingga tercipta prinsip keadilan.

Di sisi lain, YLKB mengingatkan PLN Batam untuk meningkatkan keandalan dan layanannya sejalan dengan penyesuaian tarif.

“Penerapan Tariff Adjustment juga harus sejalan dengan peningkatan keandalan dan layanan PLN Batam,” tegas Herry.

Menurutnya, pasokan listrik yang andal dan berkelanjutan menjadi komitmen penting bagi PLN Batam.

“Dengan adanya listrik yang andal, maka investasi akan meningkat sehingga mampu mendorong daya saing sektor industri dan mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Perusahaan PT PLN Batam, Zulhamdi, menyatakan komitmen PLN Batam untuk terus mengoptimalkan kinerja operasional dan membangun infrastruktur kelistrikan.

“Dengan pertumbuhan ekonomi dan industri Batam yang semakin melaju, PLN Batam juga terus melakukan pembangunan infrastruktur kelistrikan berupa pembangkit, jaringan transmisi dan jaringan distribusi sehingga seluruh masyarakat di Batam mampu merasakan listrik yang prima,” ungkap Zulhamdi.

Ia menambahkan, penguatan sistem kelistrikan Batam – Bintan dengan memberikan pelayanan kelistrikan yang optimal merupakan kunci utama untuk memberikan pasokan listrik andal dan mendukung kebijakan pemerintah dalam menjaga daya beli masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

YLKB Batam akan terus mengawal implementasi Tariff Adjustment dengan memastikan perwujudan listrik yang berkeadilan dan andal bagi masyarakat.

“Keputusan ini harus diiringi dengan komitmen PLN Batam untuk meningkatkan keandalan dan layanannya,” pungkas Herry.

Sinergi antara kebijakan pemerintah, PLN Batam, dan YLKB diharapkan dapat mewujudkan sistem kelistrikan yang berkeadilan, andal, dan berkelanjutan di Batam, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.