Ribuan Warga Batam Antusias Ikuti Salat Idul Adha di Tengah Guyuran Hujan

TERASBATAM.ID: Ribuan umat muslim di Kota Batam, Kepulauan Riau, tetap semangat mengikuti Salat Idul Adha 1445 Hijriah di Dataran Engku Putri, Senin (17/06/2024) pagi, meskipun diguyur hujan.

Mereka datang dengan berjalan kaki, menggunakan kendaraan roda dua, dan roda empat. Setibanya di Dataran Engku Putri, mereka langsung menggelar sajadah dan mengumandangkan takbir dengan penuh khusyuk.

Selain di Dataran Engku Putri, pelaksanaan salat Idul Adha juga dipusatkan di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dan Masjid Baiturrahman Sekupang.

Semangat Berkurban dan Mempererat Silaturahmi

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid mengajak masyarakat Batam untuk menyambut hari raya Idul Adha dengan sukacita dan menjadikannya sebagai ajang untuk memperbaiki diri kepada Allah SWT.

“Atas nama Pemerintah Kota Batam, saya mengucapkan selamat hari raya Idul Adha. Mudah-mudahan tahun ini kita semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Jefridin.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepulauan Riau Marlin Agustina yang melaksanakan salat Iduladha di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Tanjunguncang, Batuaji, Batam, menekankan makna pengorbanan dan keikhlasan dalam momentum Idul Adha.

“Berbicara tentang Iduladha tidak akan terlepas dari ibadah haji dan kurban. Keduanya merupakan ibadah untuk menyempurnakan iman seseorang, sekaligus merupakan jalan untuk bersyukur kepada Allah SWT,” ujar Marlin.

Marlin mengajak jemaah untuk belajar bahwa apapun ibadahnya, semua butuh keikhlasan dan niat yang lurus.

Dia juga mengajak untuk mempererat tali silaturahmi, menumbuhkan semangat berbagi, dan semangat dalam menggapai takwa.

“Bila halnya kita contohkan dengan kurban, maka berkurbannya seseorang sebagai tanda syukur kepada Allah akan mengantarkan mereka untuk lebih semangat dalam berbagi,” katanya.

903 Lokasi Salat Idul Adha di Batam

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain Umar mengatakan terdapat 903 lokasi pelaksanaan Shalat Idul Adha yang tersebar di 12 kecamatan di Batam.

“Sebanyak 903 lokasi itu terdiri dari pelaksanaan shalat, paling banyak lokasinya di Kecamatan Sekupang yaitu 134 lokasi,” kata Zulkarnain.

Meskipun diguyur hujan, semangat umat muslim di Batam untuk merayakan Idul Adha tidak surut. Keteguhan iman dan rasa syukur mereka tergambar dari antusiasme mengikuti salat Idul Adha di berbagai lokasi.

Momentum Idul Adha menjadi pengingat bagi umat muslim untuk selalu meneladani keikhlasan dan pengorbanan Nabi Ibrahim AS. Semangat berbagi dan mempererat silaturahmi juga menjadi pesan penting dalam perayaan Idul Adha kali ini.

[laporan : Rom]