Vaksin Untuk Ibu Hamil Sangat Penting

  • Bagikan

TerasBatam.id: Vaksin untuk ibu hamil ditengah pandemic Covid-19 saat ini sangat penting untuk membantu melindungi imun tubuh mereka sedang menurun disebabkan oleh kehamilan tersebut. Jika seorang ibu hamil terkena Covid-19 maka pertaruhannya tidak saja pada nyawa si ibu hamil, namun juga janin yang sedang dikandungnya.

Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Provinsi Kepulauan Riau dokter Gunawan Budhi Santosa SpOG, Selasa (14/09/2021) mengatakan, seseorang yang sedang hamil terjadi penurunan daya tahan tubuh, dengan penurunan daya tahan tubuh maka sangat rentan sekali terkena infeksi.

“nah covid ini menyerang tidak milih-milih, jadi ketika ibu hamil terkena Covid, kondisi paru-parunya otomatis rusak, penangkapan oxygen-nya berkurang, jadi kalau oxygen untuk ibunya saja sudah kurang bagaimana dengan bayinya?” kata Gunawan yang berprakek di Rumah Sakit Awal Bros Batam (RSAB).

Menurut Gunawan, dengan demikian bahwa pemberian vaksin bagi ibu hamil sangat penting untuk mencegah kematian ditengah pandemic saat ini, apalagi terjadi kenaikan kematian ibu hamil ditengah kondisi pandemic Covid-19.

POGI sendiri telah merelease ada tiga jenis atau merek vaksin yang dinilai aman untuk diberikan kepada ibu hamil, yaitu Pfizer, Moderna dan Sinovac.

“Menurut intruksi perkumpulan itu diatas usia kandungan 3 bulan, aman untuk diberikan vaksin,” kata Gunawan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Mohammad Bisri mengatakan, saat ini target vaksinasi di Kepri sudah mencapai 77,04 persen.

“jadi kalau pak Presiden Jokowi menargetkan akhir tahun ini sebesar 70 persen, kita sudah melewati target tersebut, malah saya perkirakan Provinsi Kepri pada akhir tahun nanti sudah mencapai 99 persen,” kata Bisri.

Namun Bisri mengakui bahwa kini pihaknya memasuki perjuangan yang berat untuk menyasar seluruh target vaksin, karena sasarannya kini adalah ibu hamil, kormorbid atau mereka yang memiliki penyakit penyerta dan kelompok lanjut usia (lansia).

“mereka punya kekhawatiran tersendiri terhadap vaksin terhadap kesehatan mereka, padahal tidak perlu khawatir karena kita lakukan screening,” kata Bisri.

  • Bagikan