TNI Rencanakan Pembangunan 22 Kodam Baru

TERASBATAM.ID: TNI mengumumkan proyeksi ambisius untuk memperluas jaringan komando daerah militer (kodam) di seluruh Indonesia. Dalam langkah strategis ini, TNI berencana membangun 22 kodam baru, menjadikan total kodam menjadi 37 di seluruh negeri.

Menyikapi kabar ini, Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar memberikan klarifikasi untuk menghindari kesalahpahaman. “Penambahan kodam tidak dimaksudkan untuk menciptakan 37 kodam baru, melainkan untuk melengkapi 15 kodam yang sudah ada saat ini. Jadi, penambahan sebanyak 22 kodam akan menjadi tambahan yang signifikan,” ungkap Mayjen Gumilar, Kamis (29/02/2024) seperti dikutip dari www.detik.com

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga menjelaskan bahwa langkah ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kinerja TNI pada tahun 2024. Dalam rapat pimpinan TNI Polri, beliau mengungkapkan rencana pembangunan kodam di seluruh Indonesia, termasuk di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

“TNI AD berencana membangun dan menetapkan 37 kodam, dengan 15 kodam diperkuat oleh korem, sementara 22 kodam akan berdiri sendiri, termasuk pembangunan kodam di IKN dan penambahan 2 batalyon baru,” jelas Panglima TNI.

Selain TNI AD, TNI AL dan TNI AU juga memiliki langkah strategis dalam meningkatkan infrastruktur dan kapabilitas mereka. TNI AL akan meningkatkan status pangkalan utama menjadi komando operasi utama, sementara TNI AU akan membangun lapangan udara di IKN dan meningkatkan status lanud serta membentuk skuadron-skuadron baru.

Panglima TNI juga mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kementerian Pertahanan atas dukungan penuh mereka, termasuk dalam pengadaan alutsista. TNI berkomitmen untuk terus menyempurnakan organisasinya guna menghadapi dinamika dan tantangan yang ada.