Tersisa 35 Jukir yang Belum Dijahitkan Baju Seragam Warna Pink

TERASBATAM.ID: Dinas Perhubungan Kota Batam telah mendistribusikan 550 piece baju seragam terbaru untuk Juru Parkir (Jukir) berwarna pink yang bertugas memungut uang parkir kepada pengendara bermotor. Kini tersisa hanya 35 orang Jukir atau sekitar 6 persen dari total Jukir yang belum mendapatkan seragam terbaru karena anggaran yang terbatas.

Kepala Dishub Kota Batam, Salim, menjelaskan bahwa distribusi atribut baru ini dilakukan secara bertahap. Saat ini, 550 atribut telah didistribusikan kepada juru parkir di beberapa titik.

“Berangsur kami distribusikan kepada juru parkir resmi yang belum memiliki atribut parkir tersebut. Kami anggarkan di perubahan APBD di tahun ini baru tersedia 550 pcs saja,” kata Salim saat di konfirmasi, Selasa (18/06/2024).

Menurut Salim,  jumlah jukir resmi di Batam saat ini sebanyak 585 orang yang tersebar di 422 titik parkir 422 di Batam.

“Di satu titik ada dua sampai tiga orang. Makanya jukir lebih banyak. Seperti di Martabak Har Nagoya, ada 3 jukir. Bertugas dijam operasional yang sama,” kata Salim.

Menurut Salim, pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2023 dianggarkan 550 piece baju seragam Jukir, selanjutnya untuk kekurangannya sebanyak 35 piece lagi akan dimasukkan ke dalam APBD-P.

“Ada yang belum terdata.  Kalau mereka baju lama tak apa. Kecuali tak terdaftar kita tarik badgenya,” tegas Salim.

Walaupun hanya sekitar 6 persen saja Jukir yang belum mendapatkan baju seragam terbaru itu, namun di banyak tempat masih banyak Jukir yang terlihat menggunakan seragam lamanya yang berwarna orange. Hal ini terlihat disejumlah titik parkir di Kawasan Batam Center, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Salah satunya di Jalan Engku Puteri Utara tepatnya jukir yang berada di depan Rumah Makan (RM) Ranah Minang. Seorang Jukir Wanita yang tak ingin disebutkan namanya tampak masih menggunakan seragam jukir yang lama, yakni berwarna biru.

Sementara temannya di tempat yang sama sudah menggunakan seragam yang baru, yakni berwarna merah jambu atau Pink. Sehingga sejauh ini seragam jukir masih menggunakan dua warna.

“Iya saya belum dapat. Katanya bertahap,” kata Jukir Wanita di Kawasan tersebut sembari merapikan sepeda motor yang lagi parkir.

Ia mengaku suka dengan kostum jukir yang baru. Sayangnya dirinya sendiri belum mendapatkannya. Wanita bertopi cokelat ini berharap ia segera mendapat seragam yang baru dari Dishub Kota Batam.

[Laporan : Rom]