Opini  

Tangkal Godaan Bunuh Diri, Hidup Adalah Amanah

TERASBATAM.ID: Akhir-akhir ini kasus bunuh diri cukup marak terjadi di Batam, alasannya tentu persoalan hidup yang dihadapi. Padahal hidup adalah amanah dari Allah SWT, karunia yang patut disyukuri dan dijaga. Dalam Islam, bunuh diri (intihar) merupakan dosa besar yang terlarang. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an Surat An-Nisa ayat 29: “Dan janganlah kamu membunuh dirimu sendiri. Sesungguhnya Allah Maha Penyayang kepadamu.”

Bunuh diri bukan solusi untuk menyelesaikan masalah. Tindakan ini hanya akan menambah dosa dan membawa penderitaan bagi diri sendiri, keluarga, dan orang-orang di sekitar. Islam menawarkan solusi yang lebih baik untuk menghadapi berbagai rintangan dan kesedihan dalam hidup.

Berikut beberapa langkah untuk menghindari godaan bunuh diri dari perspektif agama Islam:

1. Memperkuat Iman dan Keyakinan

Keimanan adalah benteng terkuat untuk melawan depresi dan godaan bunuh diri. Percayalah bahwa Allah SWT selalu bersama kita, mendengar doa dan keluh kesah kita, dan akan memberikan jalan keluar terbaik dari setiap masalah.

2. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Perbanyak ibadah, seperti sholat, puasa, membaca Al-Qur’an, dan berdzikir. Meminta pertolongan dan kekuatan hanya kepada Allah SWT.

3. Mencari Dukungan Emosional

Berbagi masalah dengan orang yang dipercaya, seperti keluarga, sahabat, atau ustadz/ustadzah. Bergabung dengan komunitas yang positif dan suportif.

4. Mencari Bantuan Profesional

Jika merasa depresi berat dan tidak mampu mengatasinya sendiri, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional, seperti psikolog atau psikiater.

5. Menyadari Nilai dan Keberhargaan Diri

Setiap manusia diciptakan Allah SWT dengan potensi dan kelebihannya masing-masing. Sadarilah bahwa diri kita berharga dan memiliki peran penting dalam kehidupan.

6. Optimis dan Berpikiran Positif

Yakinlah bahwa Allah SWT akan memberikan solusi terbaik dari setiap masalah. Selalu optimis dan berpikiran positif dalam menghadapi rintangan hidup.

7. Bersabar dan Tawakkal

Menerima semua keadaan dengan lapang dada dan bersabar dalam menghadapi ujian hidup. Tawakkal kepada Allah SWT dan yakinlah bahwa Allah SWT akan memberikan hikmah di balik setiap kejadian.

8. Menolong Orang Lain

Membantu orang lain yang sedang mengalami kesulitan dapat memberikan rasa syukur dan kebahagiaan dalam hidup. Menyadari bahwa masih banyak orang lain yang membutuhkan bantuan dan dukungan.

9. Mengingat Akibat Bunuh Diri

Bunuh diri bukan hanya akan membawa penderitaan bagi diri sendiri, tetapi juga bagi keluarga dan orang-orang yang dicintai. Ingatlah bahwa di akhirat, bunuh diri akan mendapatkan balasan yang setimpal.

10. Mencari Inspirasi dan Motivasi

Banyak kisah inspiratif dari orang-orang yang berhasil melewati masa-masa sulit dalam hidup dan bangkit dari depresi. Carilah inspirasi dan motivasi dari kisah-kisah tersebut.

Ingatlah bahwa bunuh diri bukanlah solusi. Selalu ada harapan dan jalan keluar dari setiap masalah. Percayalah kepada Allah SWT, carilah dukungan, dan jangan pernah menyerah untuk menjalani hidup.