Soal Pengungsi Rohingya ke Pulau Galang, Ansar Tunggu Pemerintah Pusat

TERASBATAM.ID: Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Ansar Ahmad akan menunggu sikap pemerintah pusat terkait dengan usulan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk menempatkan pengungsi Rohingya di ex camp pengungsi Vietnam di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

“Soal pengungsi Rohingya nanti saya komunikasi dululah, nanti kita lihat bagaimana pemerintah pusat. Nanti kita lihat kedepannya,” kata Ansar diserah-serah penyerahan bantuan social kepada guru di Sekolah Yos Sudarso Batam, Senin (11/12/2023).

Ansar enggan menanggapi soal situasi di Pulau Rempang yang penduduknya direlokasi dari wilayah tersebut, sementara pengungsi Roinghya akan di tempat di sekitar wilayah tersebut.

“nanti kita lihat sama-sama ya,” kata Ansar sambil tersenyum dan berjalan meninggalkan wartawan.

Sebelumnya Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin mengusulkan penempatan pengungsi Rohingya di salah satu pulau yang berada di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), yaitu Pulau Galang, Kota Batam.

Pernyataan Wapres Ma’ruf Amin ini muncul sebagai respons, terhadap penolakan pengungsi Rohingya di Provinsi Aceh, Riau, dan Sumatera Utara Medan.

Dilansir dari tempo.co, Ma’ruf Amin menekankan perlu penanganan bersama antarpemangku kepentingan, mengatasi permasalahan kemanusiaan, pengungsi Rohingya ini.

Pemerintah Indonesia juga berencana membahas solusi dengan UNHCR, lembaga PBB yang bertanggung jawab atas pengungsi.

“Penempatannya di mana? Dulu kita punya Pulau Galang, nanti kita bicarakan lagi apa akan seperti itu,” kata Ma’ruf Amin usai menghadiri Peluncuran Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) 2024 di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (5/12/2023) lalu.