Sambut Nataru, Polda Gelar Rakor Lintas Sektoral Operasi Lilin Seligi 2023

Libatkan Densus 88 untuk Antisipasi

TERASBATAM.ID: Dalam rangka kesiapan pengamanan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polda Kepri gelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sectoral, Rabu (20/12/2023). Densus 88 diminta untuk mengungkap sejumlah kasus terror agar antisipasi dapat dilakukan.

Rakor tersebut dipimpin oleh Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Kepri Kombes Pol. Ulami Sudjaja, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepri Junaidi, Kasi Ops Kasrem 033/WP Kolonel Inf. Mahmud, Asops Lanud Raja Haji Fisabilillah, Pejabat Utama Polda Kepri, Kepala PT. Jasa Raharja Provinsi Kepri, Kepala BMKG Provinsi Kepri, Kepala Basarnas Kelas A Tanjungpinang, Kepala BPBD Provinsi Kepri, Kepala dinas kesehatan Provinsi Kepri, Kabid Operasi Kantor Bakamla Zona Maritim Barat, Kepala dinas Pariwisata Provinsi Kepri.

Ulami Sudjaja mengatakan, tujuan Rakor yaitu mempersiapkan sebaik-baiknya untuk menyambut Nataru yang melibatkan banyak pihak, kegiatan ini dilakukan semi rutin dikarenakan masih adanya pandemi Covid-19.

“Untuk perkembangan-perkembangan saat ini kita dapat kita atasi dengan baik. Dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 pada dasarnya Polri bersama dengan lembaga terkait siap mengantisipasi dengan baik hal-hal yang bakal terjadi, seperti kelancaran arus lalu lintas, keamanan saat ibadah, dan kenyamanan di tempat wisata, Terkait pengaturan arus lalu-lintas, beberapa strategi yang dapat disiapkan diantaranya dengan cara pengerahan personel, pendirian pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu dengan tujuan terwujudnya situasi dan kondisi kamtibmas dan kamseltibcar lantas yang aman, kondusif dan terkendali, baik sebelum, pada saat dan sesudah Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” ungkap Ulami saat pembukaan Rakor.

Catatan penting dalam pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang disampaikan terkait dengan antisipasi peristiwa teror.

“Densus 88 Antiteror Polri diminta melakukan pengungkapan, sedangkan jajaran lainnya melakukan pengamanan serta penjagaan agar terjaminnya keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam merayakan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024,” tegas Ulami Sudjaja.

Ulami mengingatkan kepada jajaran Polres dan Polresta untuk menggandeng semua pihak, termasuk organisasi masyarakat (ormas), dalam menjaga Natal dan tahun baru sehingga tercipta kondisi yang aman dan kondusif.