Ratusan Karyawan PT Indotirta Suaka di Pulau Bulan Di-PHK Sepihak

TERASBATAM.ID: Ratusan karyawan PT Indotirta Suaka, perusahaan peternakan di Pulau Bulan, Batam, Kepulauan Riau, kembali akan menggelar aksi demonstrasi pada Rabu (27/3/2024). Mereka memprotes kebijakan perusahaan yang melakukan PHK atau pemutusan hubungan kerja secara sepihak.

Menurut keterangan para karyawan, PHK ini dilakukan secara bertahap sejak 20 Maret 2024. Total karyawan yang terkena PHK hingga saat ini mencapai 280 orang. Mereka diberhentikan tanpa melalui prosedur yang semestinya dan hak-haknya sebagai pekerja tidak dipenuhi.

“Kami diberhentikan secara sepihak tanpa ada pemberitahuan sebelumnya,” kata salah seorang karyawan yang enggan disebutkan namanya.

“Bahkan, kami juga dipaksa menjalani skorsing selama 4 hari tanpa alasan yang jelas.”

Para karyawan yang terkena PHK menuntut hak-hak mereka, seperti pesangon dan uang penghargaan masa kerja sesuai aturan ketenagakerjaan. Mereka juga kecewa dengan sikap serikat pekerja di perusahaan yang tidak menunjukkan keberpihakan dan tidak membantu mereka.

“Kami berharap pemerintah dan dinas terkait dapat membantu menyelesaikan masalah ini,” kata karyawan tersebut. “Kami ingin hak-hak kami sebagai pekerja dipenuhi.”

Hingga saat ini, pihak manajemen PT Indotirta Suaka belum memberikan keterangan resmi terkait permasalahan ini.