Ratusan Calon Siswa SD di Batam Tak Tertampung

Disdik Diminta Perhatikan Sekolah Swasta

TERASBATAM.ID: Ratusan calon siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) tidak lolos seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024/2025. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan daya tampung sekolah negeri.

“Total ada 628 calon siswa yang tidak diterima, tersebar di 9 kecamatan di Batam,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Batam, Tri Wahyu, Rabu (19/06/2024).

Tri menjelaskan bahwa meskipun masih ada sisa 1.401 Rencana Daya Tampung (RDT) di beberapa sekolah, namun sebaran lokasinya tidak sesuai dengan tempat tinggal calon siswa.

“Di Batu Ampar misalnya, masih ada RDT 54, tapi hanya 1 siswa yang tidak diterima. Sedangkan di kecamatan lain seperti Bengkong dan Batam Kota, jumlah siswa yang tidak diterima jauh lebih banyak,” jelasnya.

Tri mengimbau masyarakat untuk memahami keterbatasan daya tampung di sekolah negeri dan mempertimbangkan sekolah swasta sebagai alternatif. Ia menekankan bahwa kualitas pendidikan di sekolah swasta tidak kalah dengan sekolah negeri.

“Solusi bagi yang ditolak bisa mendaftar di sekolah swasta. Sekolah swasta memiliki kualitas yang setara dengan sekolah negeri,” kata Tri.

Namun, Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Udin P Sihaloho, meminta Dinas Pendidikan (Disdik) untuk tidak meminggirkan sekolah swasta dalam upaya penanganan masalah pendidikan. Ia meminta agar Pemko Batam memberikan insentif kepada sekolah swasta dan mematuhi aturan PPDB dengan benar.

“Jangan sampai ada praktik titip menitip seperti tahun-tahun sebelumnya,” tegas Udin.

DPRD Kota Batam berencana memanggil Disdik untuk mencari solusi bagi ratusan siswa yang tidak diterima di sekolah negeri.

Solusi yang Diusulkan:

  • Pemberian insentif kepada sekolah swasta untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
  • Penegakan aturan PPDB secara ketat untuk mencegah praktik titip menitip.
  • Penambahan RDT di sekolah negeri yang kekurangan.
  • Sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan di sekolah swasta.

 

[Laporan : Rom]