Polresta Barelang Matangkan Persiapan Pengamanan Idul Fitri 2024

TERASBATAM.ID: Polresta Barelang menggelar Latihan Pra Operasi (Lat Pra Ops) Ketupat Seligi 2024 pada hari Senin (01/04/2024) di Ruang Rapat Lantai 3 Mapolresta Barelang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan sinergitas antar fungsi dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kabagops Polresta Barelang Kompol Zainal Abidin Christopher Tamba, SH, selaku pemimpin Lat Pra Ops, menjelaskan bahwa Operasi Ketupat Seligi 2024 akan berlangsung selama 13 hari, mulai dari tanggal 4 April 2024 hingga 16 April 2024. Operasi ini digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan mudik.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Dr. Nugroho Tri N, SIK, MH, menekankan kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi agar selalu mengoptimalkan pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas dan Kamseltibcarlantas yang kondusif.

“Operasi ini mengedepankan upaya preemtif dan preventif, disamping penegakan hukum. Tujuannya untuk mewujudkan situasi Kamtibmas serta Kamseltibcarlantas yang kondusif sehingga masyarakat dapat menyambut Idul Fitri dengan rasa aman, nyaman dan lancar,” ujar Kapolresta Barelang.

Selain pengamanan, Polresta Barelang juga melaksanakan Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KYRD) dalam rangka cipta kondisi jelang Idul Fitri 1445 H. Sasaran KYRD meliputi distribusi sembako, penyakit masyarakat, miras, judi, prostitusi, narkoba, dan hal lain yang dapat mengganggu situasi Kamtibmas.

Lat Pra Ops Ketupat Seligi 2024 diisi dengan penyampaian materi oleh para penyaji yang telah ditunjuk kepada para peserta pelatihan. Materi yang diberikan meliputi cara bertindak selama Operasi Ketupat Seligi 2024, termasuk pengaturan lalu lintas, pengamanan di tempat ibadah, dan pengamanan di tempat wisata.

Dengan persiapan yang matang, diharapkan Operasi Ketupat Seligi 2024 dapat berjalan dengan lancar dan sukses, sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri 1445 Hijriah dengan aman dan nyaman.

Sumber: Humas Polresta Barelang