PLN Batam Gelar Aksi Bersih Pantai Tanjung Uma

Peringati HLH dengan Semangat "Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan"

TERASBATAM.ID: PT PLN Batam memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLH) dengan aksi bersih Pantai Tanjung Uma di Kelurahan Tanjung Uma, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam, pada Rabu (05/06/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari karyawan PT PLN Batam, warga Tanjung Uma, dan komunitas peduli lingkungan di Batam. Mengusung tema “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”, aksi bersih pantai ini menjadi wujud nyata komitmen PLN Batam dalam melestarikan lingkungan.

Menyadari Dampak Krisis Iklim

Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia (SDM) PT PLN Batam, Pardamean Matondang, mengingatkan bahwa dampak krisis iklim sudah terasa dalam kehidupan sehari-hari.

“Peringatan HLH Sedunia ini menjadi pengingat bagi kita semua untuk mengambil langkah nyata dalam meminimalisir dan mencegah risiko pemanasan global di masa depan,” tegas Pardamean.

Beliau menekankan bahwa PLN Batam berkomitmen untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060. “Kami membutuhkan dukungan dari seluruh stakeholders dan penggiat lingkungan. Mari kita saling bahu membahu dalam menjaga lingkungan sekitar,” ajaknya.

Kegiatan bersih Pantai Tanjung Uma ini merupakan salah satu bentuk langkah nyata PLN Batam dalam melestarikan lingkungan.

“Menjadi tanggung jawab moral kita bersama bagaimana mengelola lingkungan sehingga dapat didiami semasa kita hidup sampai anak cucu kelak,” ujar Pardamean.

Ia berharap akan ada gerakan bersama dalam membersihkan sampah, dimulai dari lingkungan terkecil. “Bukan hanya tugas Dinas Lingkungan Hidup untuk menyelesaikannya, tapi mulai dari yang terkecil dan terdekat pada keluarga kita masing-masing,” bebernya.

Kepala Bidang Perlindungan Lingkungan Hidup Kota Batam, Ip, ST., MT., mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi seluruh peserta yang berpartisipasi.

“Mari seluruh pihak untuk lebih peduli dengan lingkungan. Hari ini kita melakukan pemungutan sampah, tapi kedepannya seluruh lapisan masyarakat harus peduli dengan lingkungan,” jelas Ip.

Beliau juga berharap kegiatan serupa akan terus dilakukan. “Batam menuju Kota maju harus bersih dan lebih baik dari aspek lingkungan. Sehingga dunia pariwisata dan industri Batam semakin berkembang,” pungkasnya.

Aksi bersih Pantai Tanjung Uma ini bukan hanya tentang membersihkan sampah, tetapi juga tentang meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

Dengan semangat “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”, PLN Batam mengajak seluruh masyarakat untuk bersinergi dalam menjaga kelestarian lingkungan demi masa depan yang lebih baik.