Pertamax Tercampur Air, Dua Mobil Mogok di SPBU KDA Batam!

Disperindag Segel Nozzle Pertamax 92 di SPBU KDA

TERASBATAM.ID: Kejadian mengejutkan terjadi di SPBU 14294721 KDA, Batam. Dua mobil mogok setelah mengisi BBM jenis Pertamax 92 yang diduga tercampur air, Kamis (13/06/2024).

Salah satu korban, Dewi, menceritakan bahwa mobilnya mogok setelah ia mengisi Pertamax 92 senilai Rp 200 ribu. “Saya langsung panik, untungnya tidak ada apa-apa,” ujarnya.

Setelah diperiksa oleh bengkel, ternyata bensin di mobil Dewi tercampur air. Hal ini pun dikonfirmasi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau.

“Kami mendapat laporan dari masyarakat ada dua mobil yang mogok setelah mengisi Pertamax 92 di SPBU KDA,” kata Gustian.

Tim Disperindag kemudian melakukan pengujian dan menemukan bahwa BBM di SPBU tersebut memang tercampur air. “Dari bukti yang ada terlihat memang SPBU ini ada kebocoran,” jelas Gustian.

Akibat kejadian ini, Disperindag menyegel Nozzle Pertamax 92 di SPBU KDA dan menghentikan operasionalnya sementara. “Kita juga memanggil Pertamina biar jangan terulang lagi,” ujar Gustian.

Pihak SPBU KDA mengakui kelalaiannya dan meminta maaf atas kejadian ini. “Kami segera melakukan perbaikan. Paling lama sehari sudah selesai,” kata Pengawas SPBU 14294721 KDA, Wen Tairas.

Pertamina Patra Niaga juga menyatakan bahwa kejadian ini disebabkan oleh rembesan air hujan yang mengontaminasi tangki timbun produk Pertamax. “Kami telah menginstruksikan kepada SPBU tersebut untuk menghentikan sementara operasional dan melakukan perbaikan,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria.

Pertamina juga akan bertanggung jawab kepada konsumen dengan melakukan perbaikan terhadap kendaraan yang terdampak.

Kejadian ini menjadi peringatan bagi SPBU dan konsumen untuk lebih berhati-hati dalam memilih SPBU dan memastikan kualitas BBM yang dibeli.

[Laporan : Rom]