Perluas Konektivitas: PT BIB Luncurkan Rute Charter Flight Batam – China

TERASBATAM.ID: Dalam upaya memperluas konektivitas regional dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan perdagangan di Indonesia, khususnya di Batam, PT Bandara Internasional Batam (BIB) sebagai operator Bandara Internasional Hang Nadim, mengumumkan peluncuran rute penerbangan internasional baru.

Langkah ini menjadi bagian dari komitmen BIB dalam program “leaving legacy,” yang bertujuan menginisiasi transformasi ekosistem kebandarudaraan, beralih dari hanya melayani permintaan menjadi menciptakan permintaan.

Rencana penerbangan internasional ini menghubungkan Batam dan Kunming, China, dengan layanan dari maskapai Citilink Indonesia, yang dijadwalkan dimulai pada 20 Januari 2024. Frekuensi penerbangan direncanakan satu kali seminggu pada Januari – Maret, dua kali seminggu pada April – Mei, dan tiga kali seminggu hingga Januari 2025.

Manajemen BIB telah melakukan persiapan khusus untuk kelancaran Inagurasi atau penerbangan perdana, termasuk peningkatan fasilitas di area boarding gate internasional, check-in counter, dan poin imigrasi. Upaya optimalisasi pemeriksaan keamanan dan keselamatan penerbangan juga dilakukan untuk menjamin pengalaman penerbangan yang aman dan nyaman.

Direktur Utama BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, menyatakan bahwa penerbangan internasional ini diharapkan membuka peluang bisnis dan investasi di sektor pariwisata, perdagangan, dan industri antara Batam dan China. Diharapkan pula bahwa langkah ini akan menghasilkan kerjasama yang menguntungkan bagi pengembangan Batam sebagai destinasi berorientasi internasional.

Penerbangan ini tidak hanya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, khususnya Batam, tetapi juga dapat memperluas kerjasama antarnegara, membawa manfaat positif bagi pengembangan kawasan ini. Selain itu, meningkatnya konektivitas dapat meningkatkan permintaan akan berbagai layanan dan produk, menciptakan peluang usaha yang berpotensi di kawasan tersebut. Aksesibilitas yang lebih baik bagi masyarakat Batam ke destinasi internasional juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif.