Perahu Layar Jong Kapolda Cup Semarakkan HUT Bhayangkara di Nongsa

TERASBATAM.ID: Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024, Polda Kepulauan Riau (Kepri) menggelar berbagai macam perlombaan, salah satunya yaitu Perlombaan Perahu Layar Jong Kapolda Kepri Cup. Perlombaan ini berlangsung meriah di Pantai Senja Batu Besar Nongsa, pada Rabu (26/06/2024).

Kapolda Kepri, Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., membuka secara resmi perlombaan yang diikuti oleh 75 peserta dengan total 150 perahu. Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, seperti Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., Pejabat Utama Polda Kepri, Danlantamal IV Batam Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto CHRMP., M.Tr.Opsla, Dandim 0316 Batam Letkol Inf Galih Bramantyo, S.E, M.Si, Danlanud Hangnadim Batam Letkol Pnb Betya Lukman Madyana, S.E., M.Han., Wakapolresta Barelang Akbp Syafrudin Semidang Sakti, S.I.K., M.H., Pejabat Utama Polresta barelang, Kapolsek Nongsa Kompol Restia Octane Guchy, S.E., S.I.K., M.H., Kasat Polair Polresta Barelang, perwakilan Kadispora Kota Batam, Ketua Bhayangkari Daerah Kepulauan Riau Ny. Retno Dewi Yan Fitri, Pengurus yayasan kemala Bhayangkari Daerah Kepulauan Riau, tokoh masyarakat setempat, tokoh agama masyarakat, serta masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., menyampaikan bahwa perlombaan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi budaya maritim Kepri, mempererat silahturahmi dan kebersamaan, serta mempromosikan pariwisata Kepri.

“Kita patut bersyukur masih dapat melaksanakan tradisi budaya maritim ini. Perlombaan ini bukan hanya untuk diperlombakan, tetapi juga untuk dilestarikan. Perlombaan ini diharapkan dapat menjadi agenda tahunan dan dapat menarik wisatawan ke Kepri. Untuk para peserta yang akan bertanding agar dapat menjunjung tinggi sportifitas dan menunjukkan kemampuan terbaik yang dimiliki,” ujar Kapolda Kepri.

Perwakilan tokoh masyarakat setempat, Bapak Haji Halimun, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kapolda Kepri  beserta jajaran atas terselenggaranya perlombaan layar jong ini. Ia mengatakan bahwa warga Nongsa sangat senang dan bahagia dengan diadakannya perlombaan ini.

“Kami merasa bangga bahwa kampung kami menjadi ramai dengan diadakannya perlombaan layar jong ini. Mudah-mudahan acara ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan mempererat persatuan dan kesatuan antar warga,” ucap Haji Halimun.

Pada kesempatan ini, juga dilakukan penyerahan 10 life jacket kepada perwakilan nelayan masyarakat setempat.

Perlombaan Perahu Layar Jong Kapolda Kepri Cup ini merupakan salah satu bukti komitmen Polda Kepri dalam melestarikan budaya maritim Kepri, mempererat hubungan dengan masyarakat, dan mempromosikan pariwisata Kepri.