Penjualan Sapi Untuk Idul Adha Tahun Ini Menurun, Kambing Meningkat

TERASBATAM.ID: Penjualan hewan kurban jenis Sapi untuk tahun ini mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan tahun lalu. Sedangkan hewan kurban jenis kambing mengalami peningkatan hingga 30 persen.

Mantan Ketua Asosiasi Peternak dan Pedagang Hewan Batam Musofa kepada www.terasbatam.id, Senin (10/02/2024) mengatakan, H-7 menjelang perayaan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 17 Juni mendatang, penjualan hewan kurban di kandang miliknya telah mencapai 80 persen untuk jenis hewan kurban sapi.

“tinggal 20 persen itu pun sapi yang kecil-kecil, bobot 200 kg 220, Metal dan Sapi Bali sudah habis. Diminati pada tahun ini banyak sapi metal, itu perusahaan dan perorangan, sedangkan masjid untuk sapi bali,” kata Musofa yang kini fokus mengurus penjualan sapi dan kambing miliknya.

Menurut Musofa, dibandingkan tahun lalu terjadi penurunan penjualan untuk jenis hewan kurban sapi, di kandangnya miliknya saja selisihnya mencapai 20 ekor dibandingkan tahun lalu. Situasi ini juga terjadi pada pedagang hewan kurban lainnya.

“Dibandingkan tahun lalu emang agak turun, selisihnya sekitar 20 ekor, sedangkan kambing mengalami kenaikan hingga 30 persen,” kata Musofa yang ditemui di kandang miliknya di daerah Sei Temiang.

Musofa mengatakan, hewan kurban sapi jenis Metal menempati penjualan tertinggi karena sangat diminati oleh pembeli perorangan dan perusahaan. Sedangkan sapi jenis Bali diminai oleh dari panitia kurban dari masjid.

Berdasarkan catatanya, Harga Hewan Kurban Sapi jenis Bali dibandrol seharga Rp 18 juta hingga Rp 29 juta. Sedangkan Sapi jenis metal dari Rp 28 juta hingga Rp 50 juta.

“Pengantaran hari minggu tanggal 16 Juni, sedangkan untuk daerah Belakangpadang pada 15 Juni mendatang karena menyeberang pulau,” kata Musofa.