Penggelapan Rp 8 Miliar Terungkap, Oknum Karyawan PT CCI Bintan Ditangkap

TERASBATAM.ID: Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bintan berhasil mengamankan S (46), seorang oknum karyawan PT CCI Bintan yang diduga melakukan tindak pidana penggelapan dana perusahaan senilai Rp 8 miliar.

Penangkapan S dilakukan di Jalan Trans Barelang Kampung Sungai Raya, Kelurahan Sembulang, Kecamatan Galang, Kota Batam, pada Kamis (13/6/2024).

Kapolres Bintan AKBP Riky Iswoyo, S.I.K., M.M., melalui Kasat Reskrim Polres Bintan AKP Marganda Pandapotan, SH., membenarkan penangkapan tersebut.

“Tersangka S telah diamankan karena diduga melakukan penggelapan dana perusahaan yang merugikan PT CCI Bintan sebesar Rp8 miliar,” ujar AKP Marganda, Rabu (19/06/2024).

Modus yang dilakukan S adalah dengan memalsukan dokumen pemesanan barang fiktif. Ia membuat laporan adanya pengorderan barang support material dari Departemen Store ke Departemen Produksi, padahal tidak ada pemesanan barang tersebut pada tahun 2021 dan 2022.

Kasat Reskrim menjelaskan, setelah dilakukan serangkaian penyidikan, didapat informasi keberadaan S di Kota Batam. Tim Reskrim Polres Bintan kemudian bergerak cepat untuk menangkap S di sebuah pondok/rumah kebun di Jalan Trans Barelang Kampung Sungai Raya.

“Saat ini tersangka S sedang dalam proses penyidikan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” tegas AKP Marganda.

S dijerat dengan Pasal 374 KUHPidana dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.