Milwaukee Tools, Perkakas Asal Amerika Garap Market Sumatera Dari Batam

TERASBATAM.ID: Milwaukee Tools, produsen perkakas tanpa kabel mulai menggarap pasar Batam yang dinilai memiliki potensi yang cukup menjanjikan. Batam menjadi satu-satunya kota distribusi Milwaukee di wilayah Sumatera.

Commercial Director Milwaukee Tools Indonesia, Husen Kasim, saat konferensi pers di Radisson Golf & Convention Center, Batam, Rabu (29/11/2023) mengatakan, Milwaukee Tools sudah beroperasi selama 100 tahun, Milwaukee ekspansi ke Indonesia sejak Mei 2023 dengan dengan bendera prinsipal PT Milwaukee Tools Indonesia.

“Market industry Indonesia cukup menjanjikan,” kata Husen.

Milwaukee adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang memproduksi perkakas listrik tanpa kabel, aksesori, perkakas tangan, dan penyimpanan modular. Produknya untuk pengguna profesional dan industri.

Seluruh produk perkakasnya nirkabel atau cordless, tapi memakai baterai yang bisa diisi ulang. Perkakas tanpa cabel atau cordless, adalah spesialisasi Milwaukuee yang membedakan dari merek lain. Produk Milwaukee menjadi solusi untuk 22 pengaplikasian pekerjaan terutama industri. Misalnya, listrik, pipa saluran air, otomotif hingga metalworking.

Milwaukee Tools memiliki perkakas performa tinggi M18 FUEL, M12 FUEL dan MX FUEL, dengan lebih dari 400 produk perkakas nirkabel pada baterai litium. Milwaukee Tools menawarkan berbagai macam perkakas profesional semisal mulai dari bor, impact wrench, grinder, hingga alat-alat listrik lainnya. Kemudian peralatan keselamatan, hingga perlengkapan kerja. Produk-produk Milwaukee Tools dikenal dengan kualitasnya yang tinggi dan daya tahannya yang lama.

Husen mengungkapkan distribusi Milwaukee sudah mencapai semua negara di Asia dan terakhir Indonesia. Di Tanah Air, Batam menjadi satu-satunya kota distribusi Milwaukee di wilayah Sumatera. Selain Batam, Milwaukee memiliki dealer dan distribusi di Jakarta, Bandung, Surabaya, Balikpapan, dan Timika. Untuk Timika, Milwaukee ingin memasarkan produknya kepada perusahaan tambang, Freeport.

Batam juga dianggap kota yang strategis untuk pengembangan bisnis Milwaukee di Indonesia. Punya banyak industri, Batam punya potensi pasar yang besar untuk perkakas alat berat maupun perkakas tangan. Ada empat bidang pengaplikasian untuk industri yang dipetakan Milwaukee di Batam yakni transportasi, metalworking, industri berat dan fasilitas perawatan dan perbaikan.

Milwaukee Tools memetakan industri shipyard atau galangan kapal sebagai target pasar mereka. Industri ini masuk dalam kategori metalworking yang perkakasnya bisa disediakan Milwaukee. Selain shipyard, industri MRO atau maintenance repair overhaul pesawat juga menjadi target pasar. “Rata-rata 70 persen industri di Batam adalah metalworking,” ujar Husen.

Konsumen bisa membeli perkakas Milwaukee di empat dealer di Kota Batam yaitu di dealer PT Long Time di Ruko Fanindo Blok E No. 12-12A Tanjung Uncang. Lalu dealer PT Han-Indo Millenium di Ruko Mahkota Raya Blok G No 1,2,3. Kemudian dua dealer lagi yakni PT Great Dynamic dan PT Beta Wijaya.

Milwaukee juga menyediakan layanan purnajual atau aftersales baik servis dan garansi. Untuk garansi, pembeli mendapat garansi satu tahun termasuk baterai dan charger. Layanan servis di Batam bisa mendatangi dealer tempat konsumen membeli perkakas Milwaukee.

Menurut Husen, ekspansi Milwaukee di Indonesia dan Batam mendapat sambutan positif dari profesional di bidang industri. Dengan hadirnya Milwaukee Tools di Batam, para profesional di bidang konstruksi dan manufaktur di Batam kini memiliki akses yang lebih mudah untuk mendapatkan perkakas profesional yang berkualitas tinggi. “Kami ingin banyak pengguna dan industri di Batam dapat merasakan kualitas produk-produk Milwaukee Tools,” ujar Husen. (Moza P Amelia)