Mengenal Lebih Dekat Data Centre di Batam

TERASBATAM.ID: Serangan yang dialami Pusat Data Nasional (PDN) baru-baru ini menjadi pengingat pentingnya ketahanan dan keamanan infrastruktur digital di Indonesia. Batam, dengan berbagai keunggulannya, memiliki potensi besar untuk menjadi pusat data center di Indonesia Bagian Barat.

Pusat Data Center Modern di Batam

Pada tahun 2010, BP Kawasan Bebas Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Batam (BP FTZ Batam) yang kini dikenal dengan sebutan BP Batam membangun Pusat Data dan Sistem Informasi (PDSI)) dengan luas area 7.320 m2. Gedung ini dirancang dengan konsep data center modern yang mengedepankan keamanan, keandalan, efisiensi, dan ketersediaan, serta ramah lingkungan.

PDSI BP FTZ Batam telah mengantongi sertifikasi sebagai Disaster Recovery Facility Provider menggunakan Singapore Standard – 507, serta mengembangkan sarana data center agar memenuhi klasifikasi tier-3 dari Standard Telecommunication Industry Association (TIA) -942.

Luas data center yang dibangun mencapai 1.220 m2 dengan kapasitas 143 rak dan terbagi dalam 8 ruangan. Secara infrastruktur, PDSI BP Batam memiliki beberapa keunggulan:

  • Interkoneksi: Terhubung dengan seluruh unit kerja BP FTZ Batam dengan jaringan fiber optik sepanjang 105 kilometer.
  • Jaringan komunikasi: Dilengkapi dengan jaringan telepon Fixed Line dan Voice Over Internet Protocol (VOIP).
  • Konektivitas: Terhubung dengan jaringan fiber optic Palapa Ring.
  • Lokasi strategis: Tidak berada dalam jalur patahan geologi serta tidak berpotensi terhadap tsunami.

Pusat Data Center Skala Besar di KEK Nongsa Digital Park

Selain data center milik BP Batam, di Batam juga terdapat proyek besar pembangunan data center di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park. Investasi ini dilakukan oleh perusahaan asal Hong Kong, PT GDS IDC Service, dengan nilai komitmen sebesar Rp 4 triliun.

Data center yang dibangun ini berada di lahan seluas 28.730 meter persegi dan memiliki kapasitas 40 MW. Dikembangkan dalam 2 tahap, data center ini diklaim sebagai yang terbesar di dunia.

Keunggulan Batam sebagai Pusat Data Center

Batam memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya ideal sebagai pusat data center di Indonesia Timur:

  • Lokasi strategis: Terletak di dekat Singapura, hub maritim dan digital utama di Asia Tenggara.
  • Infrastruktur: Memiliki infrastruktur telekomunikasi yang memadai, termasuk jaringan fiber optic Palapa Ring.
  • Tenaga kerja: Tersedia tenaga kerja terampil di bidang teknologi informasi.
  • Kebijakan pemerintah: Mendukung pengembangan industri data center dengan berbagai insentif.

Potensi Masa Depan

Dengan berbagai keunggulannya, Batam memiliki potensi besar untuk menjadi pusat data center di Indonesia. Pembangunan data center skala besar di KEK Nongsa Digital Park diharapkan dapat menarik lebih banyak investasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

Pemerintah perlu terus mendukung pengembangan industri data center di Batam dengan memberikan kemudahan perizinan, insentif fiskal, dan pengembangan sumber daya manusia. Dengan demikian, Batam dapat menjadi hub data center yang handal dan aman bagi Indonesia di Bagian Barat. (dari berbagai sumber)