Libur Sekolah, Penumpang KM Kelud Melonjak 150 Persen!

TERASBATAM.ID: Libur sekolah yang berlangsung dari akhir Juni hingga pertengahan Juli 2024 dimanfaatkan warga Batam untuk mudik ke Medan menggunakan KM Kelud. Hal ini membuat jumlah penumpang kapal tersebut melonjak 150 persen.

“Biasanya hanya 1.500 orang di hari biasa, kali ini mencapai 3.700 orang,” ujar Kepala Cabang Pelni Batam, Teuku Muhammad Ikbal Rama, Rabu (26/06/2024).

Dari total penumpang tersebut, 3.200 orang naik dari Batam dan 500 orang dari Jakarta pada tanggal 23 Juni 2024.

Ikbal menjelaskan, lonjakan penumpang ini terjadi karena banyak warga yang ingin memanfaatkan momen libur sekolah untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

“Libur sekolah saat ini mulai dari libur Idul Adha berlanjut ke kenaikan kelas,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini, penumpang KM Kelud masih harus berangkat dari Pelabuhan Batuampar. Namun, dermaga kapal Pelni akan pindah ke Pelabuhan Bintang 99 yang berlokasi di sebelah Batuampar menjelang akhir tahun nanti.

Perlu diketahui, KM Kelud akan memasuki masa pemeliharaan atau docking selama dua minggu pada bulan September mendatang.

“Kapasitas KM Kelud sebenarnya hanya 2.600 penumpang. Namun, karena animo masyarakat yang tinggi, kami mendapat dispensasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menambah kapasitas,” jelas Ikbal.

Ia menambahkan, dengan dispensasi tersebut, KM Kelud dapat menampung lebih banyak penumpang dengan tiket non-seat dan matras. Kemenhub juga mewajibkan Pelni untuk menambah alat keselamatan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

[Laporan : Rom]