Kunjungan Dewan Komisaris Pertamina Patra Niaga ke Program CSR di Kepulauan Riau

Meningkatkan Kesejahteraan Bersama

TERASBATAM.ID: Suasana kehangatan terasa saat Dewan Komisaris Pertamina Patra Niaga Sub Holding C&T dan timnya berkunjung ke AFT Hang Nadim, Provinsi Kepulauan Riau. Kunjungan ini bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan yang telah dilaksanakan di wilayah tersebut.

Dua Program Unggulan menjadi sorotan utama: Kelong Tangguh di Kampung Tua Terih dan Kampung Inovasi Plastik UBS RTOne Berseri di Lingkungan Permata Bandara. Kedua program ini berhasil memberdayakan masyarakat setempat, terutama para ibu rumah tangga, dengan total manfaat bagi 67 orang, di mana 50 di antaranya adalah ibu rumah tangga. Hasil program menunjukkan peningkatan pendapatan kelompok hingga 25% atau Rp 2.000.000 per bulan.

Program Kampung Inovasi Plastik melibatkan ibu rumah tangga melalui kegiatan Bank Sampah dengan menerapkan digitalisasi menggunakan Aplikasi Kimara. Melalui program ini, telah berhasil dikumpulkan sampah plastik hingga 1,5 ton per bulan, memberikan dampak positif tidak hanya pada ekonomi tetapi juga kebersihan lingkungan.

“Program Kampung Inovasi Plastik memberikan tambahan ekonomi bagi kami, para ibu rumah tangga, dan membuat kampung kami lebih bersih,” ujar Perameliya, Ketua Kelompok UBS RTOne Berseri.

Selain itu, Perusahaan juga memberdayakan kelompok nelayan melalui kegiatan pembudidayaan ikan bawal dan kerapu, komoditas perikanan utama di Kota Batam. Setiap panen berhasil menghasilkan 100 kg hingga 350 kg hasil laut, memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi kelompok nelayan dan mempertahankan eksistensi masyarakat adat.

Irto Petrus Ginting, menyampaikan, “Kehadiran Pertamina sebagai BUMN harus memberikan dampak positif melalui program CSR, menciptakan nilai tambah bagi masyarakat serta mendukung pembangunan berkelanjutan.”

Program Kelong Tangguh juga menghubungkan kegiatan dengan Program Kampung Inovasi Plastik dan Program UMKM, memperkuat kemandirian sosial, ekonomi, dan lingkungan masyarakat.

Program-program ini akan terus dikembangkan untuk mendukung penerapan nilai ESG dan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).