Kombes Nugroho Ungkap 4 Kasus Besar dan Berpesan Soal Rempang

2 Tahun 6 Bulan Pimpin Polresta Barelang

TERASBATAM.ID: Masa jabatan Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Dr. Nugroho Tri Nuryanto, S.I.K., M.H., sebagai Kapolresta Barelang akan segera berakhir. Di penghujung kepemimpinannya, ia menyampaikan pesan kepada Kapolres yang baru untuk menangani kasus Rempang Eco City dengan pendekatan humanis.

“Semoga di Kapolres yang baru persoalan Rempang bisa selesai dengan baik,” kata Nugroho, Selasa (02/07/2024).

Selama 2 tahun 6 bulan bertugas di Batam, Nugroho mengungkapkan empat kasus besar yang berdampak langsung kepada masyarakat.

Pertama, kasus menara sutet di Perumahan dekat Bandara. Tantangan ini muncul dua minggu setelah serah terima jabatannya di Kepri. Ada 45 menara sutet (Saluran Udara Tegangan Tinggi) yang perlu dibangun dari Galang hingga Nongsa untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Bandara Hang Nadim.

Melalui pendekatan humanis dan komunikasi intensif dengan masyarakat, akhirnya 5 menara sutet berhasil didirikan dan beroperasi setelah 8 tahun tertunda.

Kedua, penertiban judi ilegal dan narkotika di Kampung Aceh. Bekerja sama dengan Forkopimda, Polresta Barelang berhasil memberantas perjudian dan berbagai aktivitas ilegal di Kampung Aceh, termasuk dengan meratakan tempat perjudian.

Ketiga, penertiban Tangki Seribu. Nugroho dan jajarannya membantu pemerintah dalam penertiban permukiman di Tangki Seribu secara humanis. Penertiban ini dilakukan karena kawasan tersebut merupakan wilayah strategis untuk pembangunan kota.

Keempat, pengawalan Proyek Strategis Nasional (PSN) Rempang Eco City. Hingga saat ini, Nugroho dan timnya masih mengawal proyek tersebut atas perintah pusat. Rempang Eco City diproyeksikan menjadi kota industri dengan investasi senilai Rp 170 triliun lebih.

“Semoga apa yang saya lakukan bisa diterima di masyarakat,” harap Nugroho.

Nugroho Tri Nuryanto merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2000. Karirnya di kepolisian terbilang panjang dan beragam, dengan berbagai jabatan penting di Korps Bhayangkara.

Sebelum menjabat Kapolresta Barelang, Nugroho pernah menjabat sebagai Kapolres Binjai dan Komandan Batalyon A Brimob Polda Sumut. Ia juga memiliki pengalaman sebagai Wadansat Brimob Polda Jateng.

Pada Januari 2022, Nugroho diangkat sebagai Kapolresta Barelang. Kini, ia mendapatkan jabatan baru sebagai Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kalimantan Tengah (Kalteng).

Penggantinya adalah Kombes Pol. Heribertus Ompusunggu, S.I.K., M.Si, yang sebelumnya menjabat Kapolresta Tanjungpinang. Mutasi ini tertuang dalam telegram Kapolri Nomor: ST/1237/VI/KEP./2024 tertanggal 25 Juni 2024.

Nugroho berharap Kapolresta Barelang yang baru dapat melanjutkan tugasnya dengan baik, termasuk menyelesaikan permasalahan di Rempang Eco City dengan pendekatan yang humanis dan mengedepankan solusi terbaik bagi semua pihak.

Pengalaman dan kepemimpinan Nugroho selama 2 tahun 6 bulan di Barelang diharapkan menjadi bekal berharga bagi Heribertus Ompusunggu dalam menjalankan tugasnya di wilayah yang penuh dengan dinamika ini.

[Laporan : Rom]