Kejar Target, Rekapitulasi KPU Batam Dimulai, Dua Kecamatan Masih Tertunda

TERASBATAM.ID: Rapat pleno rekapitulasi tingkat Kota Batam dimulai pada Sabtu (02/03/2024) di Hotel Swiss Bell, Harbour Bay, Batam. Namun, target penyelesaian pleno terancam molor karena rekapitulasi di dua kecamatan, yaitu Sekupang dan Batam Kota, masih belum selesai.

Rapat pleno dihadiri oleh anggota KPU dan Bawaslu, perwakilan partai politik, saksi peserta pemilu, petugas PPK dan Panwascam, aparat keamanan, dan jurnalis yang diundang. Rapat sempat molor setengah jam dari jadwal semula pukul 19.00 WIB dan dimulai sekitar pukul 20.00 WIB.

Ketua KPU Kota Batam, Mawardi, dalam sambutannya menegaskan komitmen KPU untuk menyelesaikan rekapitulasi sesegera mungkin.

“Kami ingin menyelesaikan rekapitulasi ini secepatnya dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” kata Mawardi.

Anggota Komisioner KPU Kota Batam, Bosar Hasibuan, menjelaskan bahwa keterlambatan rekapitulasi di dua kecamatan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Banyaknya surat suara yang harus dihitung.
  • Adanya beberapa kesalahan dalam formulir C1.
  • Keberatan dari beberapa saksi peserta pemilu.

Bosar Hasibuan mengatakan bahwa KPU Batam akan terus bekerja keras untuk menyelesaikan rekapitulasi di dua kecamatan tersebut.

“Kami akan berusaha menyelesaikan rekapitulasi di dua kecamatan ini secepatnya, paling lambat besok pagi,” kata Bosar Hasibuan.