Jenderal TNI AD Ingatkan Pentingnya Cegah Konflik Jelang Pilkada 2024 di Batam

TERASBATAM.ID: Dalam rangka menciptakan rasa kondusif dan aman di Kota Batam, khususnya menjelang Pilkada 2024, Asisten Intelijen (Asintel) KASAD Mayjen TNI Drajad Brima Yoga melalui Wasintel KASAD Brigjen TNI Haryantana menekankan pentingnya persatuan dan kesinergian Forkominda Batam.

“Penting bagi kita semua untuk membangun sinergi demi mencapai hasil Pilkada yang baik. Penanganan konflik adalah upaya preventif sehingga bagi peserta yang hadir ini mampu dalam menerima info dalam mencegah konflik sosial secara dini,” ujar Wasintel KASAD di Aula Makodim 0316, Rabu (05/06/2024).

Jenderal Bintang Satu Angkatan Darat itu juga mengingatkan agar kearifan lokal dihormati dan dijaga. “Jangan sampai gesekan kecil menjadi besar menjadi gesekan kelompok. Pokoknya jangan sempat terjadi,” tegasnya.

Langkah Preventif Cegah Konflik

Wasintel KASAD menjelaskan bahwa dengan transisi demokrasi, situasi dapat berubah dan secara global bisa mengakibatkan konflik. “Sehingga merugikan masyarakat dan ada traumatik bagi masyarakat. Ini yang harus dicegah sedini mungkin agar tak melebar,” sebutnya.

Oleh karena itu, beliau meminta Forkominda untuk cepat tanggap dalam mencegah konflik. “Langkah preventif adalah cara konkrit menurunkan rasa konflik tersebut,” tambahnya.

Sementara itu Komandan Kodim (Dandim) 0316 Kolonel Inf Roy Chandra Sihombing dalam sambutannya juga menekankan pentingnya menjaga keamanan dan menciptakan rasa kondusif menjelang Pilkada 2024. “Berkaitan sebentar lagi Pilkada 2024, oleh sebab itu pilihan bisa beda namun tetap dalam persatuan,” pesannya.

Sementara itu Satuan Intelkam Polresta Barelang juga memaparkan situasi terkini di kota Batam dan mengatakan bahwa kerawanan konflik sosial di Batam lebih kepada hal ekonomi, seperti perihal lahan.

“Oleh sebab itu, kami harapkan gesekan atau konflik perorangan jangan menjadi konflik kelompok. Unsur SARA harus ditinggalkan sehingga terjadi situasi aman dan kondusif,” sebut perwira dalam paparan tersebut.

Sementara itu Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Batam diharapkan dapat bersatu dan bekerja sama untuk mencegah konflik sosial menjelang Pilkada 2024. Dengan sinergi dan langkah preventif, diharapkan situasi di Batam dapat tetap kondusif dan aman.

Sebelumnya Binkom yang mengusung tema “Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial juga dilaksanakan di Wilayah Kodim 0315/Tanjungpinang” bertempat di Aula Kantor Walikota Tanjungpinang, Selasa (04/06/2024).