Hewan Kurban di Batam Meningkat 13,7 Persen

Pawai Takbir dan Lomba Mobil Hias Meriahkan Idul Adha

TERASBATAM.ID: Perayaan Idul Adha di Kota Batam tahun ini semakin semarak dengan peningkatan jumlah hewan kurban yang mencapai 13,7 persen dibandingkan tahun 2023. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Zulkarnain Umar.

Total jumlah hewan kurban di Batam pada 2024 mencapai 4.986 ekor, terdiri dari 1.491 ekor sapi dan 3.495 ekor kambing. Angka ini meningkat dari 3.642 ekor pada tahun 2023.

“Terbanyak di Kecamatan Sekupang mencapai 134 titik,” kata Zulkarnain, Minggu (16/06/2024).

Selain itu, Pemerintah Kota Batam juga menyiapkan berbagai kegiatan untuk memeriahkan Idul Adha, seperti Pawai Takbir dan Lomba Mobil Hias. Pawai takbir akan dilaksanakan di Dataran Engku Hamidah pada Minggu (16/06/2024) malam, dan diikuti oleh berbagai instansi, masjid, musala, perbankan, dan hotel.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, menegaskan bahwa seluruh Perangkat Daerah wajib mengikuti pawai takbir dan lomba mobil hias. “Pawai takbir dan lomba mobil hias ini dalam rangka memeriahkan perayaan Idul Adha. Untuk itu seluruh SKPD wajib mengikuti lomba mobil hias ini,” ujarnya.

Pemko Batam menyiapkan hadiah hingga Rp 36 juta bagi pemenang lomba mobil hias. Adapun kriteria untuk mengikuti lomba mobil hias antara lain menggunakan mobil pick up atau lori maksimal roda enam, tinggi mobil hias maksimal 4 meter, dan dimensi hiasan atau dekorasi menyesuaikan dengan jenis kendaraan.

Setelah pelaksanaan Salat Idul Adha, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dan Wakil Gubernur Kepri sekaligus Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina, akan menyaksikan pemotongan hewan qurban di beberapa lokasi yang berdekatan dengan 3 lokasi pelaksanaan Salat Idul Adha.

[Laporan: Rom]