Gubernur dan 33 Bupati dan Walikota Se Sumut Akan Hadiri Pelantikan Ikabsu Batam

Hadirkan Tarian Khusus dan Bazar

TERASBATAM.ID: Gubernur Sumatera Utara Letnan Jenderal TNI (Purn.) Edy Rahmayadi beserta 33 Kepala Daerah (Kota dan Kabupaten) se-Sumatera Utara (Sumut) direncanakan hadir untuk meramaikan pelantikan serta pengukuhan Ikatan Keluarga Besar Sumatera Utara (IKABSU) Kota Batam pada Jumat (03/02/2023) sore di Dataran Engku Putri Batam Center.

Acara yang mengusung tema “Horas, Mejuah-juah, Njuah-juah, Ya’ahowu, Ahoi” ¬†tersebut akan diisi dengan sejumlah acara kesenian dan Bazar, serta penampilan khusus dari penyanyi Judika.

Ketua Panitia Samsul Paloh Nasution mengatakan, persiapan pelantikan dan pengukuhan pengurus IKABSU periode 2022 – 2027 sudah hampir rampung.

“Untuk persiapannya, sudah mencapai 90 persenan. Mulai dari persiapan pengukuhan dan pelantikan, penyambutan Gubernur dan Kepala Daerah se-Sumatera,” kata Samsul Paloh didampingi Ketua Umum IKABSU Kota Batam terpilih Udin P Sihaloho,¬† di perkantoran KBS KDA, Batam Center pada Rabu (01/02/2023).

Samsul mengatakan, pada acara pengukuhan dan pelantikan ini juga disejalankan dengan bazaar kuliner dan souvenir dari pelaku-pelaku UMKM se-Kota Batam.

“Jadi momen ini tidak hanya dalam bentuk pengukuhan saja, tapi juga memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk bisa berkreasi dalam ajang ini,” ucapnya

Sementara itu, Ketua Umum IKABSU Kota Batam Udin P Sihaloho mengatakan bahwa selain pelantikan dan pengukuhan para pengurus periode 2022-2027 ini, momen ini juga menjadi ajang silaturahmi sekaligus pesta rakyat dari masyarakat Sumatera Utara yang ada di perantauan.

“Ini merupakan pesta rakyat. Dimana kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi dalam mengobati kerinduan masyarakat Sumatera Utara yang ada di perantauan dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan,” terangnya.

Mengingat, tambahnya, banyak warga Sumatare Utara yang ada di Batam ternyata memiliki potensi yang sangat besar dalam mendukung program-program pembangunan yang digalakkan oleh Pemerintah Daerah

“Untuk di Batam sendiri ada sekitar 20 persenan warga Sumatera Utara di Kota Batam. Dan ini merupakan sebuah aset dan sumber daya untuk membantu Pemerintah Daerah dalam berperan serta memajukan Kota Batam,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Sumatera Utara yang ada di Batam secara khusus dan se-Provinsi Kepri secara umum untuk sama-sama meramaikan pesta rakyat ini. Dan tentunya dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Pada pesta rakyat tersebut, nantinya akn dihadiri penyanyi Ibu Kota Judika dan artis lokal Batam serta Bakal menghadirkan 8 tarian etnis dari Sumatera Utara.

Provinsi Sumatera Utara terdiri dari 25 Kabupaten dan 8 Kota, jika sesuai tentative acara maka akan hadir 25 orang Bupati dan 8 orang Walikota pada pelantikan Ikabsu di Batam kali ini.