Fuel Card 5.0 Ditunda, Sosialisasi dan Sistem Diperbaiki!

TERASBATAM.ID: Penerapan Fuel Card 5.0 untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite di Batam ditunda. Penundaan ini dilakukan karena dua faktor utama, yaitu kurangnya sosialisasi kepada masyarakat dan perlunya pembenahan sistem.

“Mengingat hasil sosialisasi kami, masyarakat masih belum memahami Fuel Card tersebut,” ujar Kepala Dinas Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau, Jumat (17/05/2024).

Gustian menjelaskan bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara penggunaan dan manfaat Fuel Card 5.0. Hal ini dikhawatirkan akan menyebabkan kebingungan dan antrean panjang di SPBU saat penerapan kartu tersebut.

“Terkait yang sudah mendaftar, kami sudah menarik layanan kami di semua SPBU. Baik di Mall, BP Batam maupun Pemko Batam. Yang boleh melayani di Gedung Disperindag saja,” kata Gustian.

Adapun sistem yang dibenahi, proses setelah pendaftaran dan memiliki syarat lengkap di Disperindag hanya 1 hari. Begitu juga untuk pembuatan rekening, yang mana maksimal hingga mendapatkan kartu bisa mencapai 3 hari sampai 4 hari.

“Ini kita benahi lagi. Kalau bisa waktunya lebih singkat,” katanya.

ia mengaku kendaraan yang telah menggunakan Fuel Card 5.0 ini ada sebanyak 12 ribu kendaraan yang sudah mendaftar. Pendaftaran dibuka selama dua minggu.

Kendati demikian masyarakat yang ingin mengurus boleh datang di Kantor Disperindag.

“Penerapan Fuel Card 5.0 ini akan diberlakukan lagi setelah sosialisasi dimasyarakat selesai,” katanya.

Gustian mengatakan selama pendaftaran kendalanya ketika masyarakat yang sedang bekerja tidak bisa mengurus. Karena jam kerjanya terbatas.

“Sementara dateline kita kemarin 1 Agustus 2024. Maka kita coba benahi semua. Ketika sosialisasi selesai baru kita jalan lagi,” katanya.

Selama proses sosialisasi, kata dia, ada masyarakat yang tidak setuju, namun banyak juga masyarakat yang antusias. Ia berharap setelah sosialiasi selesai di tingkat Camat, Lurah, RT dan RW bisa berjalan maksimal.

Seperti dietahui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam resmi meluncurkan kartu kendali Fuel Card 5.0 sebagai alat transaksi bahan bakar khusus (BBK) jenis Pertalite di Kota Batam. Dimana register atau pendaftaran Fuel Card 5.0 sudah bisa diakses sejak, Jumat (26/4/2024) lalu.

Fuel Card 5.0 nantinya dikeluarkan oleh 3 bank swasta yang telah menekan nota kerjasama dengan Pemko Batam dalam hal ini Disperindag. Diantaranya KB Bank, CIMB Niaga, dan Bank Sumut.

Untuk posko layanan Register diantaranya, Kantor Walikota Batam, Kantor BP Batam, Kantor Disperindag Batam, Megamall, BCS Mall, Grand Batam Mall. Sedangkan untuk 11 SPBU yang mendukung layanan Register diantaranya, SPBU Pelita, SPBU Baloi Permai, SPBU Punggur, SBPU Belian, SBPU Tembesi, SBPU Tiban Lama, SBPU Tanjunguncang, SBPU Sei Jodoh, SBPU Bengkong, SBPU Batu Besar, SBPU Sei Beduk.

[rom]