Evakuasi Dramatis di Tengah Kebakaran

Kapal Cargo Bermuatan Kontainer Terbakar di Perairan Batu Ampar

TERASBATAM.ID: Di tengah perairan Batu Ampar, Batam, sebuah kejadian mengerikan terjadi saat kapal kargo bermuatan kontainer terbakar pada Rabu (21/02/2024). Apa yang dimulai sebagai rutinitas perjalanan berubah menjadi tragedi yang memerlukan aksi cepat dari tim SAR untuk menyelamatkan korban.

Api membara melahap bagian buritan kapal, menciptakan asap hitam tebal yang menyelimuti langit. Video amatir yang beredar menunjukkan momen dramatis di mana awak kapal meminta pertolongan sambil berusaha menangani kebakaran. Kepala Kantor SAR Tanjungpinang, Slamet Riyadi, mengonfirmasi kejadian tersebut dan memastikan tim SAR segera bertindak.

Menurut Slamet Riyadi, kebakaran diduga disebabkan oleh konsleting listrik di bagian dapur kapal. Kapal tersebut, bernama KM Alexindo 8, sedang dalam perjalanan dari Batam menuju Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Awak kapal pertama kali menyadari kebakaran, dengan koki kapal menjadi saksi pertama yang mengumumkan bahaya tersebut.

Meskipun awalnya berusaha memadamkan api, awak kapal akhirnya terpaksa meninggalkan kapal setelah api semakin besar dan tidak terkendali. Tim SAR dan otoritas maritim segera melakukan koordinasi untuk menyelamatkan korban. Kapal milik Bakamla tiba di lokasi untuk membantu evakuasi, dan korban akhirnya berhasil dievakuasi dengan selamat ke Kapal Patroli Parikesit 7009.

Seluruh anggota awak kapal, yang berjumlah 15 orang, berhasil dievakuasi. Meskipun 14 orang selamat, satu orang mengalami luka bakar ringan. Proses pemadaman api dibantu oleh berbagai pihak, termasuk KRI Bubara, KN Ular Laut, dan TB Megamas Sky. Penanganan lebih lanjut, termasuk penyelidikan atas kejadian ini, akan ditangani oleh pihak berwenang dan KSOP.

Kejadian kebakaran kapal ini mengingatkan kita akan risiko yang dihadapi oleh para pelaut dan pentingnya kerja sama dalam situasi darurat. Berkat tindakan cepat dari tim SAR dan bantuan dari berbagai pihak, tragedi ini berakhir dengan evakuasi yang sukses dan minimnya kerugian manusia.