Di Tengah Ketegangan di Natuna, Konjen Tiongkok Kirim Video Ucapan HUT Provinsi Kepri

  • Bagikan
Konsulat Jenderal Tiongkok yang berkedudukan di Medan, Sumatera Utara, Qiu Weiwi.

TerasBatam.id: Di tengah-tengah pemberitaan soal ribuan kapal perang China berada di Natuna Utara, Provinsi Kepulauan Riau atau yang popular dikenal dengan Laut China Selatan, Konsulat Jenderal Tiongkok yang berkedudukan di Medan, Sumatera Utara, Qiu Weiwi, mengirimkan video ucapan selamat ulang tahun ke 19 untuk Provinsi Kepulauan Riau. Pemprov mengklaim ucapan HUT dari Tiongkok tersebut merupakan yang pertama kali sejak Provinsi Kepri terbentuk.

Dalam video berdurasi 01.03 tersebut terlihat Qiu Weiwi dengan kedua tangan menghadap kedepan dengan latar belakang bendera merah putih di sebelah kiri dan bendera Tiongkok disebelah kanan berbicara dalam Bahasa Tiongkok, dengan terjemahan tulisan Bahasa Indonesia di video tersebut:

“Saya Qiu Weiwi, Konsul Jenderal Tiongkok di Medan, mengucapkan ulang tahun yang ke-19 atas berdirinya Provinsi Kepulauan Riau. Pertukaran persahabatan antara Tiongkok dan Indonesia memiliki sejarah Panjang.

Tiongkok telah menjalin kerjasama yang baik di bidang ekonomi dan budaya dengan berbagai wilayah Sumatera termasuk Provinsi Kepulauan Riau sejak lama. Setelah pandemic, kedua negara saling membantu dan bergandengan tangan untuk memerangi pandemic.

Hubungan bilateral melawan tren dan mencapai perkembangan penting yang baru. Kerjasama antara kedua belah pihak terus meningkat menciptakan platform baru dan menyuntikkan dorongan baru untuk pengembangan hubungan bilateral yang lebih besar di periode pasca-pandemi.

Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan bersedia bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan seluruh sector wilayah kekonsuleran untuk bersama-sama mendorong kerjasama “satu sabuk satu jalur” Tiongkok-Indonesia agar lebih dalam dan stabil kemitraan strategis yang komprehensif antara kedua negara terus ditingkatkan dan kedua bangsa akan terus berbagi masa depan yang cerah, terima kasih.”

Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Kepri Hasan yang dihubungi www.terasbatam.id, Selasa (21/09/2021) mengatakan, benar video tersebut merupakan ucapan resmi dari Konjen Tiongkok yang ada di Medan dikirim ke email bagian Protokol Pemerintah Provinsi Kepri.

“kayaknya baru tahun ini mereka mengucapkan ulang tahun kepada Kepri,” kata Hasan.

Namun Hasan yang baru dilantik sebagai pejabat defenitif Kepala Biro Humas dan Protokoler Provinsi Kepri ini membantah jika ucapan hari ulang tahun tersebut memiliki kaitan dengan kondisi di Laut Natuna Utara saat ini dengan kehadiran kapal-kapal perang dari Tiongkok.

“Saya kira kan tidak, artinya begini, pemerintah Tiongkok kan punya hubungan investasi di Kepri, mereka menyampaikan apresiasi, mungkin Kepri ini dilihat dari sisi ekonomi sudah mulai membaik ditengah pandemic Covid, dengan pertumbuhan ekonomi, kita melihatnya dari sisi itu,” kata Hasan yang sebelum bertugas sebagai Kepala Bagian Perbatasan di Kabupaten Bintan.

Selain dari Konjen Tiongkok di Medan, Hasan juga mengatakan pihaknya menerima ucapan serupa dari Konjen Amerika Serikat yang ada di Medan.

“Termasuk dari Kedubes RI di Kolombia atau mana ya ? yang si Tantowi Yahwa ( Dubes RI untuk Selandia Baru – Red) mengucapkan kepada kita. Jadi beginilah itu kan apresiasi, komunikasi kita dalam hal menarik investasi dibangun dengan semua pihak. Jadi tidak ada tendensi terkait ketegangan laut china selatan, tidak ada itu. Orang menyampaikan apresiasikan,” kata Hasan.

  • Bagikan