Brigjen TNI Jimmy Watuseke: TNI Siap Bantu Kepolisian Dalam Pengamanan Pemilu 2024

TERASBATAM.ID: Komandan Korem 033 Wira Pratama Provinsi Kepri Brigjen TNI Jimmy Watuseke menegaskan bahwa TNI menyiapkan pasukan untuk membantu kepolisian dalam pelaksanaan pengamanan pemilu 2024 sesuai dengan Undang-Undang tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Apel Pengamanan Pemilu TNI Ini dalam rangka mengantisipasi gelar pasukan dalam pengamanan pemilu, kami menyiapkan  pasukan untuk membantu sesuai dengan Undang-Undang TNI membantu kepolisian dalam pelaksanaan pengamanan itu yang dilaksanakan dan diharapkan oleh pimpinan atas,” kata Jimmy seusai memimpin Apel Pengamanan Pemilu di Lapangan Engku Puteri Batam Centre, Kamis (01/02/2024).

Menurut Jimmy, Apel tersebut diikuti oleh 507 orang personel TNI Angkatan Darat, sedangkan sesuai amanat yang dibacakan ada sekitar 1.000 personel TNI AD, Angkatan Laut dan Udara yang akan dikerahkan dalam pengamanan pemilu 2024 ini.

“Totalnya 507 orang, tetapi kami disiapkan seperti yang disampaikan dalam amanat tadi sekitar 1.000 personel TNI yang terlibat, TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara untuk dapat membantu  Polda Kepri dalam pengamanan pemilu kedepan,” kata Jimmy.

Jimmy berharap pemilu 2024 ini berjalan dengan damai tanpa perlu ada kekacauan.

“keinginan kita semuanya, pemilu itu damai, damai itu indah. Jangan ada sesuatu kekacauan itu saja yang diinginkan oleh kita,” kata Jimmy.

Sementara itu Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengatakan, hasil penyelenggaran pesta demokrasi ini menentukan nasib Indonesia dan Kepri kedepan.

“dan ini juga punya dampak dengan spektrum yang luas, karena yang namanya pelaku ekonomi, kemudian juga aktivitas masyarakat lainnya itu perlu kita jamin mereka tetap tenang, tentram dan pemilu ini harus berjalan damai dan baik,” kata Ansar yang ikut meninjau sejumlah Alat Utama Sistem Senjata yang juga dipamerkan dalam apel tersebut.

Sejumlah Alutsista milik TNI AD yang ada di Kepri, seperti kendaraan tempur dan lapis baja juga ditampikan dalam Apel akbar tersebut.