BLK Batam Segera Diresmikan, Sediakan 5 Jenis Pelatihan

TERASBATAM.ID: Kabar gembira bagi para pencari kerja di Batam! Balai Latihan Kerja (BLK) yang didirikan Kementerian Ketenagakerjaan RI di Batam akan segera diresmikan pada 10 Juli 2024 mendatang.

BLK ini hadir untuk menjawab kebutuhan industri di Batam dengan menyediakan berbagai pelatihan kerja yang bermanfaat bagi para pekerja. Pada tahap awal, BLK Batam akan fokus pada lima jenis pelatihan, yaitu:

  • Pelatihan komputer
  • Pelatihan IT
  • Pelatihan welder
  • Pelatihan pariwisata
  • Pelatihan lain yang sesuai dengan kebutuhan industri

Fasilitas BLK Batam terbilang lengkap, dengan adanya laboratorium dan gedung workshop yang mumpuni. Hal ini diharapkan dapat menunjang proses pelatihan yang berkualitas.

“BLK ini milik Kementerian, namun strukturnya belum terbentuk,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, Rudi Sakyakirti, Senin (24/06/2024).

Menurut Rudi, pembangunan BLK Batam ini menghabiskan anggaran sekitar Rp 30 miliar dan menempati lahan seluas 4,2 Hektare di Kawasan Kabil. Dengan kehadirannya  diharapkan dapat menjadi solusi untuk menekan angka pengangguran di Batam. Selain BLK Batam, Disnaker Kota Batam juga terus membuka berbagai pelatihan kerja yang sesuai dengan permintaan.

Diharapkan dengan hadirnya BLK Batam, para pekerja di Batam dapat meningkatkan keterampilan mereka dan siap bersaing di dunia kerja.

[Laporan ; Rom]