Becek Tang: Banyak Orang Tua Siswa Salah Pilih Koordinat Alamat

PPDB Online di Batam

TERASBATAM.ID: Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA dan SMK di Kota Batam, Kepulauan Riau untuk tahun ajaran 2024-2025 masih berlangsung. Namun, banyak orang tua siswa yang mengalami kesulitan dalam mendaftar melalui jalur zonasi, terutama terkait dengan pengambilan titik koordinat dari Google Maps untuk mengetahui jarak antara rumah dengan sekolah.

Humas Panitia PPDB SMA Negeri 3 Batam, Becek Tang, mengatakan bahwa pihaknya sering menerima pertanyaan dari orang tua siswa terkait zonasi dan cara pengambilan titik koordinat.

“Hampir setiap hari ada orang tua yang datang ke sekolah untuk menanyakan tata cara pendaftaran melalui jalur zonasi, terutama cara menarik titik koordinat dari Google Maps,” ujar Becek Tang saat ditemui di SMAN 3, Senin (24/06/2024).

Proses PPDB jalur afirmasi di SMAN 3 telah selesai dengan total pendaftar 24 siswa. Sedangkan untuk jalur zonasi, saat ini masih berlangsung dengan jumlah pendaftar 750 siswa, namun baru 151 siswa yang terverifikasi.

Kuota daya tampung SMAN 3 adalah 432 siswa, dengan 65% dialokasikan untuk jalur zonasi, 15% untuk afirmasi, dan 5% untuk perpindahan orang tua.

Becek Tang menjelaskan bahwa kendala utama yang dihadapi orang tua adalah salah dalam menarik titik koordinat dan menggunakan Kartu Keluarga (KK) yang tidak sesuai dengan alamat tempat tinggal.

“Banyak orang tua yang menggunakan alamat KK lama, padahal mereka sudah pindah tempat tinggal. Hal ini menyebabkan mereka tidak terdaftar dalam zonasi SMAN 3,” terangnya.

Ia menambahkan bahwa zonasi SMAN 3 mencakup dua kecamatan, yaitu Nongsa dan Batamkota, dengan kelurahan-kelurahan terdekat dengan sekolah yang termasuk dalam zonasi.

Oleh karena itu, Becek Tang mengimbau orang tua siswa untuk memastikan bahwa mereka menggunakan alamat KK yang sesuai dengan tempat tinggal saat ini dan menarik titik koordinat dengan benar saat mendaftar PPDB online.

Tips untuk Orang Tua Siswa:

  • Pastikan menggunakan alamat KK yang sesuai dengan tempat tinggal saat ini.
  • Gunakan Google Maps untuk menarik titik koordinat dengan benar.
  • Datang ke sekolah jika mengalami kesulitan dalam mendaftar PPDB online.

 

[Laporan : Rom]