Bayar Pajak di Batam Kini Lebih Mudah dengan QRIS

TERASBATAM.ID: Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Batam terus berinovasi dalam mempermudah masyarakat dalam memenuhi kewajiban perpajakan. Terbaru, Bapenda memperluas kanal pembayaran pajak daerah melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

“Upaya ini dilakukan sebagai komitmen Bapenda dalam meningkatkan pendapatan pajak daerah dan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam menunaikan kewajibannya,” ujar Sekretaris Bapenda Kota Batam M Aidil Sahalo, Selasa (18/06/2024).

Sebelumya, pembayaran pajak di Batam hanya bisa dilakukan melalui mitra-mitra yang sudah bekerjasama, baik melalui e-channel maupun e-commerce. Kini, dengan QRIS, masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak melalui berbagai bank dan kanal mitra lainnya, seperti LinkAja, Gopay, Bukalapak, dan lain sebagainya.

“Pembayaran pajak daerah tidak hanya melalui QRIS, tapi juga bisa melalui ATM, cash, e-channel, dan di retail modern,” tambah Aidil.

Bapenda Kota Batam telah mengintegrasikan layanan QRIS BRK Syariah dengan aplikasi E-BPHTB, e-PBB, dan e-Billing. Selain itu, Bapenda juga memperluas layanan pembayaran pajak daerah melalui Traveloka, Linkaja, Bukalapak, Alfamart, BliBli, Gotagihan, Bank BJB, Bank Mandiri, Livin’ Mandiri, Pospay, dan BRK Syariah.

“Kami terus menggencarkan sosialisasi agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui bahwa pembayaran pajak bisa dilakukan melalui QRIS,” jelas Aidil.

Diharapkan dengan kemudahan ini, Bapenda dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak dalam menunaikan kewajibannya, sehingga target pendapatan pajak daerah dapat tercapai.

Kemudahan Pembayaran Pajak melalui QRIS

  • Pembayaran pajak dapat dilakukan melalui berbagai bank dan kanal mitra lainnya.
  • Integrasi dengan aplikasi E-BPHTB, e-PBB, dan e-Billing.
  • Sosialisasi gencar dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat.

Manfaat QRIS bagi Pembayaran Pajak

  • Praktis dan mudah digunakan.
  • Hemat waktu dan biaya.
  • Transaksi aman dan terjamin.

[Laporan : Rom]