Banjir Alat Sadap di Indonesia, Begini Cara Cek Hape yang Tersadap

TERASBATAM.ID: Podcast terbaru Tempo Bocor Alus Politik berjudul “Banjir Alat Sadap, Yakin Hp Kalian Aman?” membahas tentang banjir alat sadap di Indonesia. Dalam podcast ini, BAP membahas tentang penemuan Tempo bersama sejumlah media luar negeri yang menunjukkan bahwa pemerintah Indonesia telah mengimpor berbagai alat sadap menjelang pemilihan umum 2024.

Mereka juga membahas tentang lemahnya aturan dan pengawasan yang membuka ruang terjadinya penyalahgunaan alat sadap yang mengancam hak asasi warga negara. Mereka menemukan bahwa Indonesia tidak memiliki perangkat hukum yang kuat untuk mengawasi penggunaan alat sadap, sehingga membuka peluang bagi lembaga-lembaga negara untuk menggunakan alat sadap secara tidak sah.

Dalam podcast ini, Stefanus Pramono dan Remondo srikang juga membahas tentang peran Amnesty International dalam penelusuran alat sadap di Indonesia. Mereka menemukan bahwa Amnesty International telah melakukan investigasi dan menemukan bahwa sejumlah perusahaan asal Israel telah menjual teknologi alat sadap ke Indonesia sejak 2017.

Mereka juga membahas tentang bagaimana alat sadap dapat digunakan untuk menginfeksi telepon seluler target dan mengambil data berupa foto, percakapan, dan nomor kontak serta merekam pembicaraan jarak jauh. Mereka menemukan bahwa alat sadap ini dapat digunakan oleh lembaga-lembaga negara untuk memata-matai warga negara dan mengancam hak asasi mereka.

Untuk mengetahui apakah HP Anda disadap, Anda dapat menggunakan beberapa cara berikut:

Perhatikan Daya Baterai dan Kecepatan HP: Jika baterai HP Anda menjadi cepat habis atau HP Anda menjadi panas tanpa alasan yang jelas, maka itu dapat menjadi tanda bahwa HP Anda disadap.

Perhatikan Aktivitas di Dalam HP: Jika Anda melihat aktivitas mencurigakan di HP Anda, seperti aplikasi yang tidak dikenal atau iklan yang tidak diinginkan, maka itu dapat menjadi tanda bahwa HP Anda disadap.

Perhatikan Penggunaan Data Seluler: Jika penggunaan data seluler Anda meningkat secara dramatis, maka itu dapat menjadi tanda bahwa HP Anda disadap. Anda dapat memantau penggunaan data Anda dengan memeriksa tagihan telepon Anda.

Perhatikan Kegiatan Mencurigakan: Jika Anda melihat kegiatan mencurigakan di HP Anda, seperti aplikasi yang tidak dikenal atau iklan yang tidak diinginkan, maka itu dapat menjadi tanda bahwa HP Anda disadap.

Perhatikan Munculnya Iklan dan Aplikasi yang Tidak Diinginkan: Jika Anda melihat munculnya iklan atau aplikasi yang tidak diinginkan di HP Anda, maka itu dapat menjadi tanda bahwa HP Anda disadap.

Perhatikan Masalah Kinerja HP: Jika HP Anda mengalami masalah kinerja, seperti lambat atau tidak stabil, maka itu dapat menjadi tanda bahwa HP Anda disadap.

Perhatikan Email yang Diblokir: Jika Anda mendapati email yang diblokir atau tidak dapat diakses, maka itu dapat menjadi tanda bahwa HP Anda disadap.

Perhatikan Situs Website Terlihat Mati: Jika Anda mendapati situs website yang terlihat mati atau tidak dapat diakses, maka itu dapat menjadi tanda bahwa HP Anda disadap.

Perhatikan Aktivitas Saat Tidak Digunakan: Jika Anda melihat aktivitas di HP Anda saat tidak digunakan, maka itu dapat menjadi tanda bahwa HP Anda disadap.

Perhatikan Data Pribadi yang Bocor: Jika Anda mendapati data pribadi Anda yang bocor atau tidak aman, maka itu dapat menjadi tanda bahwa HP Anda disadap.