Baliho Jenderal Winston Pardamean di Batam: Sinyal Politik atau Pencitraan?

Pietra: Lama Tidak Aktif di DPP Nasdem

TERASBATAM.ID: Munculnya baliho mantan Panglima Daerah Militer I Bukit Barisan Mayor Jenderal (Purn) Winston Pardamean Simanjuntak di sejumlah titik di Kota Batam, mengundang spekulasi dan pertanyaan. Baliho tersebut bertuliskan “Putera Daerah, Kembali ke Daerah, Membangun Daerah”, memicu spekulasi terkait motif politik Winston di Kepulauan Riau (Kepri) menjelang Pemilihan Gubernur mendatang.

Namun, Anggota Dewan Pakar Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem, Pietra Machreza Paloh kepada www.terasbatam.id, Minggu (23/06/2024) mengaku tidak mengetahui kemunculan baliho tersebut. Ia menyatakan bahwa Winston sudah lama tidak aktif di DPP Partai Nasdem.

“Saya baru tahu ini. Dia sudah lama tidak aktif di DPP. Menurut saya, beliau sudah lama tidak aktif di Nasdem. Nah, itu saya belum tahu motif politiknya seperti apa,” kata Pietra yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (Garpu), sayap organisasi Partai Nasdem menanggapi baliho Mayjen Purn Wisnton Pardamean di Batam.

Pietra juga mengaku tidak mengetahui apakah mantan Ketua DPW Nasdem DKI Jakarta itu bergerak atas nama Partai Nasdem atau atas nama pribadi.

“Beliau sudah sangat lama tidak pernah ada di DPP.” kata Pietra pada Pemilu lalu ikut bertarung memperebutkan kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Kepulauan Riau.

Meskipun demikian, beberapa sumber menyebutkan bahwa Winston dikenal sebagai figur yang disegani di kalangan suku Batak di Kepri. Ia juga dikabarkan aktif di Kantor Staf Presiden (KSP) sebagai Tenaga Ahli bidang Strategi dan Intelijen.

Munculnya baliho Jenderal Winston di Batam, tepatnya di kampung kelahirannya, menimbulkan pertanyaan: Apakah ini merupakan sinyal politiknya untuk Pilkada Kepri mendatang, ataukah hanya pencitraan semata?