Australia Federal Police Datangi Polda Kepri, Ada Apa?

TERASBATAM.ID: Australia Federal Police (AFP) mendatangi Markas Kepolisian Daerah Kepulauan Riau dan bertemu dengan Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., Selasa (05/03/2024). Apa saja yang dibahas?

Pertemuan digelar di ruang kerja Kapolda Kepri yang berada di lantai dua, Liaison Officer AFP Cybercrime dan Child Sex Exploitation AFP Jakarta Luke Nasir yang didampingi oleh staf AFP di Jakarta mendampingi pertemuan tersebut.

Luke Nasir menyampaikan dirinya merasa terhormat mendapatkan arahan langsung dan kesempatan untuk menyampaikan apa yang dibutuhkan oleh Polda Kepri.

“Kami mengakui bahwa kejahatan transnasional menjadi ancaman yang signifikan di wilayah Kepri yang sebagian besar terdiri dari lautan. Oleh karena itu, kami berharap dapat menjalin kerja sama dan sinergitas dalam meningkatkan kompetensi dan kemajuan bersama, terutama dalam menghadapi tantangan teknologi yang semakin canggih,” kata Luke seperti yang disampaikan dalam pernyataan pers Bidang Humas Polda Kepri.

Luke juga menjelaskan bahwa AFP siap memberikan dukungan dalam pengembangan sumber daya manusia, terutama dalam bidang cyber crime dan penanganan kejahatan transnasional. Selain itu, pihaknya akan mengundang personel dari Polda Kepri untuk mengikuti program latihan yang telah dikembangkan di AFP.

“Dengan kerjasama yang erat antara AFP dan Polri, kami yakin bahwa kita dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan memberikan perlindungan yang lebih baik kepada masyarakat,” kata Luke.

Sementara itu Kapolda Kepri Riau Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., menyampaikan Polda Kepri merasa sangat berterima kasih atas komitmen dan dukungan yang diberikan oleh Australian Federal Police (AFP).

“Kerja sama yang erat antar keduanya menjadi kunci dalam menghadapi tantangan keamanan lintas negara dan menjaga keamanan khususnya di wilayah Kepulauan Riau. Hal ini akan menjadi kesempatan berharga bagi personel Polri untuk meningkatkan keterampilan mereka dan memperluas pengetahuan dalam menangani berbagai jenis kejahatan yang semakin kompleks,” kata Yan.