Akademisi Soroti Sikap Wagub Kepri Marlin yang Membelot dari Partai Nasdem

TERASBATAM.ID: Sikap Wakil Gubernur Kepulauan Riau Marlin Agustina mendukung Calon Presiden Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dinilai keluar dari rantai komando Partai Nasdem, dimana Marlin merupakan kadernya. Tidak harmonisnya hubungan antara Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem dan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Kepri dalam Pilwako Batam 2024 sebagai pemicu.

Akademisi dan Pengamat Politik dari Universitas Riau Kepulauan Riau Rahmayandi Mulda kepada www.terasbatam.id, Selasa (12/12/2023) mengatakan, jika melihat Marlin Agustina yang menjadi  Juru kampanye Prabowo – Gibran padahal statusnya  adalah kader Nasdem yang mengusung Anis dan Muhaimin menimbulkan dinamika tersendiri.

“kemungkinan Wagub Kepri ini akan pindah partai dalam rangka pemilihan Wali kota Batam 2024,” kata Rahmayandi.

Menurutnya hal yang sama juga akan dilakukan oleh Ketua DPW Partai Nasdem Kepri Muhammad Rudi, suami dari Marlin Agustina.

“ada Indikator  kemungkinan wali kota Batam juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam  saat ini  akan pindah partai, karena kondisi atau dinamika politik di internal Nasdem kurang harmonis antara DPW dengan DPP. Karena dukungan DPP Nasdem  terhadap  Marlin untuk  maju sebagai wali kota Batam belum mendapat restu dri DPP Nasdem,” jelas Rahmayandi.

Menurut Rahmayandi keputusan Marlin untuk pindah partai merupakan keputusan strategis menjelang Pilwako mendatang.

“Setidaknya menjadi bargaining politik terhadap Nasdem karena sikapnya yang dinilai tidak berpihak kepada Marlin,” katanya.

Sementara itu sebelumnya Ketua Pembina Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Kepri Meireza Endipat Wijaya, Minggu (03/12/2023) lalu mengatakan, bahwa masuknya Marlin Agustina di TKD Prabowo-Gibran melalui proses panjang yang diinisiasi dari unsur tokoh masyarakat.

“soal bergabungnya bu Marlin ke Gerindra dan menjadi anggota, itu hanya beliau dan Tuhan yang tahu,” kata Endipat