3.403 Pantarlih Dilantik, KPU Batam Siap Gelar Coklit Pilkada 2024

TERASBATAM.ID: Dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam melantik sebanyak 3.403 petugas Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) pada hari Senin (24/06/2024). Pelantikan ini menandai dimulainya kegiatan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) untuk memastikan daftar pemilih yang akurat dan mutakhir.

Pantarlih bertugas melakukan pendataan sejumlah tokoh masyarakat, organisasi, agama, dan pejabat publik sebanyak lima orang di wilayah domisili mereka. “Semalam, Senin (24/6/2024), pendataan akan disesuaikan dengan wilayah domisili tokoh yang telah kami identifikasi dan dikoordinasikan, sehingga proses pendataan lebih efektif dan efisien,” ujar Ketua KPU Batam Mawardi.

Pada Pilkada 2024 ini, KPU Batam akan menggunakan sistem informasi elektronik E-Coklit untuk mempermudah dan mempercepat proses pendataan. Mawardi menekankan pentingnya bagi Pantarlih untuk memahami mekanisme penggunaan E-Coklit dengan baik.

“Diakuinya proses Coklit kali ini akan menggunakan sistem informasi elektronik E-Coklit. Sehingga sangat penting bagi petugas Pantarlih untuk memahami mekanisme penggunaannya,” katanya.

Mawardi juga menuturkan bahwa KPU Batam akan terus memantau perkembangan proses Coklit ini dan memastikan pelaksanaannya berjalan lancar. Ia berharap kekurangan yang terjadi pada Coklit Pilkada sebelumnya dapat dievaluasi dan diperbaiki pada pelaksanaan kali ini.

Pelantikan Pantarlih akan berlanjut di kecamatan-kecamatan lain di Batam mulai hari ini. Petugas Coklit yang telah dilantik akan segera memulai tugasnya melakukan pendataan data pemilih di wilayah masing-masing.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, mulai dari pelantikan, apel siaga, apel persiapan, Bimbingan Teknis (Bimtek), hingga pelaksanaan Coklit,” kata Mawardi.

Coklit merupakan tahapan penting dalam penyelenggaraan Pilkada untuk memastikan hak pilih masyarakat terpenuhi. KPU Batam berharap Pantarlih dapat menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme agar menghasilkan daftar pemilih yang berkualitas dan akurat.

[Laporan : Rom]