Warga Buliang Antusias Datangi TPS Sejak Pagi

TERASBATAM.ID: Warga Perumahan Citra Pandawa Asri yang berada di Kelurahan Buliang, Kecamatan Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau terpantau antusias menggunakan hak pilihnya, Rabu (14/02/2024). Tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) 007,008 dan 009 di perumahan tersebut sudah didatangi warga sejak pukul 07.00, pada saat proses persiapan pencoblosan tengah dilakukan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Seperti pengamatan www.terasbatam.id di TPS 008, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) lebih dari 200 orang itu sejak pukul 07.05 sekitar 10 orang warga telah mendatangi TPS. Namun pada saat tersebut petugas KPPS yang berjumlah sekitar 10 orang masih berkumpul dan bersiap untuk membaca doa untuk mulai menyusun surat dan kotak suara.

Ketua KPPS Sigit dengan suara lantang meminta kepada petugas dan para saksi yang telah hadir untuk membaca doa agar diberi kelancaran selama proses pemungutan suara untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota Batam.

“semoga kita semua diberikan kekuatan dan diberikan kelancaran dalam menjalankan tugas,” kata Sigit.

Sementara itu proses pendaftaran warga yang telah hadir di TPS dimulai tepat sekitar pukul 07.50 WIB, atau 50 menit lebih lambat dibandingkan waktu yang disebutkan dalam surat pemberitahuan pencoblosan sekitar jam 07.00.

Setelah dibuka, warga yang mengantongi surat undangan pencoblosan mendaftar ke petugas, kemudian petugas mengecek nama, nomor DPT dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), selanjutnya petugas berikutnya memberikan surat suara.

Selanjutnya petugas berikutnya mengarahkan pemilih ke bilik suara, namun sebelum masuk ke bilik suara, seluruh perangkat telekomunikasi, seperti handphone diminta untuk dititipkan di tempat yang telah disediakan.

Mirna Sihombing, salah seorang ibu rumah tangga yang sudah hadir sejak pukul 07.00 WIB mengatakan, dirinya sengaja datang pagi hari agar urusan terkait menggunakan hak pilih cepat selesai.

“saya ada rencana mau jalan-jalan sama keluarga, jadi kami bisa cepat keluar rumah,” katanya.

Cici, salah seorang pemilih di TPS 008 mengatakan, pada pemilu 2024 ini merupakan pertama baginya untuk menggunakan hak pilih.

“jadi saya ingin tahu prosesnya seperti apa, makanya pagi-pagi sudah disini. Pilihan sudah lama ditentukan, terutama untuk Pilpres,” katanya yang berstatus mahasiswi di salah satu perguruan tinggi di Bata mini.

Sementara selain tampak petugas Linmas yang berada di dalam TPS untuk pengamanan, dua orang personel polisi juga terlihat di sekitar TPS.