Sistem Autogate Imigrasi Down, Penumpang Menumpuk, Ini Kata Kapolsek KKP Batam

TERASBATAM.ID: Ribuan penumpang tujuan ke Singapura dan Malaysia menumpuk di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Senin (12/02/2024) hingga malam. Sistem Autogate Imigrasi yang down serta membludaknya wisatawan asing dari kedua negara menjadi pemicu penumpukan penumpang di terminal ferry tersibuk di Kepulauan Riau itu.

Kapolsek Khusus Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam AKP Putra Jaya Tarigan kepada wartawan yang menemuinya di sela-sela situasi crowded disana, Senin (12/02/2024) menjelaskan,  bahwa sejak Jumat (09/02/2024) hingga Sabtu (10/02/2024) saja total jumlah yang masuk ke Batam melalui Pelabuhan Internasional Batam Centre sebanyak 26.000 orang, mayoritas dari Singapura dan Malaysia yang merayakan libur imlek di Batam.

“Kesempatan sore ini kami sampaikan dan laporkan kepada masyarakat, khususnya masyarakat kota Batam, saat ini di dalam areal pelabuhan internasional batam centre, ada penumpukan penumpang terjadi berawal dari perayaan imlek, warga negara singapura dan Malaysia berlibur ke Batam,” jelas perwira pertama ini.

Menurut Putra, ada kendala teknis saat pengecapan di Imigrasi, dari pengecapan system autogate Imigrasi yang lagi down atau tidak berfungsi sehingga pengecapan paspor dilakukan secara manual yang mengakibatkan antrian penumpang membludak saat pemeriksaan imigrasi.

“Setelah saya cross chek keatas ada 10 orang petugas yang melakukan pengecopan paspor secara manual, counternya ada 10, ditambah, semuanya lengkap, dan pengecopan secara manual, mudah-mudahan sekitar 1 jam lagi sudah tidak crowded lagi, karena penumpang sudah berkurang yang membeli tiket. Ini terjadi sejak jam 14.30 WIb atau setelah jam chek out hotel dan mereka langsung ke pelabuhan,” kata Putra.

Putra memastikan bahwa pihaknya juga mengantisipasi jika situasi berlanjut hingga hari ini Selasa (13/02/2024), namun seluruh penumpang akan diberangkatkan sesuai dengan tujuan mereka  karena pihak operator ferry menambah ekstra keberangkatan ferry hingga 16 kali.