PLN Batam Sesuaikan Tarif Listrik 11 Golongan, Tokoh Masyarakat Minta Layanan Makin Baik

TERASBATAM.ID: PT PLN Batam akan memberlakukan penyesuaian tarif listrik untuk 11 golongan pelanggan dari 23 golongan tarif yang berlaku. Hal ini sejalan dengan keputusan Pemerintah untuk menyesuaikan tarif listrik di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PT PLN Batam, M. Irwansyah Putra, menjelaskan bahwa penyesuaian tarif ini dilakukan dengan tetap mempertimbangkan daya saing industri di Batam. Sebagian golongan tarif di Batam masih di bawah Biaya Pokok Penyediaan tenaga listrik.

“Keputusan ini tetap melindungi pelanggan kurang mampu. Golongan pelanggan tersebut tidak mengalami penyesuaian tarif,” ujar Irwansyah.

Penyesuaian tarif ini dilakukan untuk menjaga kelancaran pasokan listrik yang andal dan berkelanjutan di Batam. Pasokan listrik dipengaruhi oleh beberapa variabel, seperti kurs, harga energi primer, dan inflasi.

Salah satu tokoh masyarakat Batam, Parlaungan Siregar, mengapresiasi upaya PLN Batam dalam menjaga kualitas layanan. Menurutnya, pelayanan listrik PLN Batam dari tahun ke tahun terus meningkat.

“Saat ini sebagian besar jaringan listrik di Batam sudah menggunakan kabel bawah tanah. Gangguan akibat pohon atau tiang yang tumbang sudah dapat diminimalisir,” kata Parlaungan.

Parlaungan juga memahami bahwa penyesuaian tarif ini dilakukan dengan hati-hati dan mempertimbangkan daya saing industri di Batam.

“Masyarakat Batam dapat menerima kebijakan tersebut mengingat sejak tahun 2017 tarif PLN Batam belum pernah mengalami perubahan,” terangnya.

Namun, Parlaungan mengingatkan PLN Batam untuk meningkatkan kualitas layanannya. Ia berharap agar tidak ada lagi pemadaman listrik dengan durasi yang lama.

“Yang paling penting pelayanan PLN Batam kepada masyarakat harus meningkat. Jangan lagi ada padam – padam dengan durasi yang lama. Jika ada gangguan pada rumah warga, petugas PLN Batam langsung turun dan menormalkannya,” tutup Parlaungan.

Penyesuaian tarif listrik ini diharapkan dapat mendorong PLN Batam untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan menjaga keandalan pasokan listrik di Batam. Dengan sinergi antara PLN Batam, pemerintah, dan masyarakat, diharapkan Batam dapat menjadi kota yang maju dan sejahtera dengan infrastruktur listrik yang modern dan handal.