TERASBATAM.ID: Jumlah pemohon paspor di sejumlah Tempat Pelayanan Imigrasi membludak pasca libur lebaran. Kenaikan jumlah pemohon paspor tersebut dinilai wajar karena libur bersama untuk lebaran yang cukup panjang.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam Subki Miuldi kepada www.terasbatam.id, Rabu (03/05/2023) mengatakan, antrian pemohon paspor yang panjang disebabkan ada penambahan libur panjang hal ini memang wajar bagi instansi pelayanan negara seperti Imigrasi.
“Libur hingga dua minggu sehingga antrian mengalami penumpukan sekitar 40 persen dibandingkan hari biasa, nanti juga akan normal kembali,” kata Subki.
Pelayanan Imigrasi kembali mulai dibuka kembali sejak Rabu (26/04/2023) lalu setelah libur karena cuti bersama mulai tanggal 19 April 2023.
“petugas kita sempat heran dengan kenaikan jumlah pemohon paspor ini, tetapi setelah dianalisa karena libur panjang dan diperkirakan akan normal kembali setelah beberapa pekan ini,” kata Subki.
Menurut Subki, untuk Kantor Pelayanan Imigrasi di Batam yang tersebar di sejumlah tempat, seperti Kantor Pelayanan Imigrasi di Harbour Bay, PTSP Mall dan Kantor Batam Centre cukup tinggi dan tidak pernah sepi dari pemohon paspor.
“pemohon paspor di Batam relative tinggi dibandingkan daerah lainnya di Indonesia. Karena kita dekat dengan negara tetangga sehingga minat warga memiliki paspor cukup tinggi,” kata Subki.
Berdasarkan data Kantor Imigrasi Batam, setiap harinya Imigrasi Batam menerima permintaan pembuatan paspor hingga 280 pemohon. Jumlah tersebut terdiri dari 200 Mobile Paspor, 50 Paspor Prioritas, dan 30 Percepatan.
Sedangkan pada tanggal 26-28 April 2023 atau pertama dibuka pelayanan setelah libur lebaran, jumlah pemohon sebesar 680 paspor biasa, E-paspor 185, dan 89 Paspor Percepatan.
“Tapi pelayanan kita pastikan tetap lancar,” kata Subki.