MTQH Kepri X Jadi Wadah Promosi Produk UMKM Unggulan

TERASBATAM.ID: Bazar yang digelar dalam Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) X tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tahun 2024 di Dataran Engku Puteri, Batam, dimanfaatkan untuk menampilkan produk-produk unggulan UMKM dari berbagai kabupaten/kota di Kepri.

Bazar ini menawarkan beragam produk, mulai dari kuliner, busana, hingga aksesoris. Gubernur Kepri Ansar Ahmad, yang hadir pada pembukaan bazar, berharap acara ini dapat menarik minat masyarakat dan menjadi wadah bagi UMKM Kepri untuk mempromosikan produk mereka.

“Mudah-mudahan bazar ini akan diramaikan masyarakat. Ini merupakan salah satu upaya kita untuk memberikan ruang bagi kabupaten/kota untuk menampilkan produk unggulan mereka,” kata Ansar, Senin (20/5/2024).

Ansar juga menegaskan komitmen Pemprov Kepri untuk mendukung kemajuan UMKM di Kepri. Berbagai upaya dilakukan, seperti kolaborasi dengan Bank Indonesia Kepri, Balai POM, dan perbankan untuk memberikan pendampingan dan permodalan usaha.

Selain itu, Pemprov Kepri juga berkomitmen untuk mempermudah proses perizinan usaha bagi pelaku UMKM. “Kepada dinas terkait, terutama dinas perizinan, kita pastikan untuk memberikan izin pelaku UMKM dengan mudah,” ujar Ansar.

Ansar mengakui bahwa pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir telah memberikan dampak besar bagi perekonomian, termasuk UMKM. Namun, dia optimis bahwa UMKM dapat menjadi salah satu penyelamat ekonomi bangsa, termasuk Kepri.

“Oleh karena itu, pemerintah provinsi terus berkomitmen untuk mendorong UMKM agar terus berkembang,” kata Ansar.

Seperti diketahui MTQH X tingkat Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024 yang dipusatkan di Kota Batam diselenggarakan selama 8 hari terhitung mulai tanggal 20 – dengan 27 Mei 2024.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin Hamid mengatakan selama pelaksanaan MTQ, Dataran Engku Puteri ini terbuka untuk umum selama 24 jam. Sehingga UMKM bisa menjual produknya.

“Jadi ada pergerakan ekonomi. Untuk aktivitas olahraga seperti main bola untuk warga ditiadakan dulu,” katanya.

Jefridin berharap acara MTQ ini bisa berjalan dengan maksimal. Dan Kota Batam bisa meraih juara umum.

“Alhamdulilah MTQ ke 10 ini Batam diamanahkan sebagai tuan rumah. Tadi pagi Pawai Taruf, sore Bazar, malamnya dibuka oleh Pak Gubernur,” katanya.

[text dan photo by Rom]