KPU Mulai Distribusikan Logistik Pemilu 2024 ke Daerah Terjauh di Batam

TERASBATAM.ID: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam bekerjasama dengan PT Pos Indonesia mulai mendistribusikan logistic pemilu 2024 ke daerah terjauh di Batam, Rabu (07/02/2024). Distribusi dilakukan mulai H-7 hingga paling maksimal 12 Februari mendatang atau H-2.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Batam Mawardi kepada wartawan di Gudang Logistik KPU Kota Batam di daerah Sekupang mengatakan, sesuai dengan jadwal yang sudah di sampaikan sebelumnya bahwa jadwal distribusi dilakukan pada H-7.

“tepat hari ini pukul 14.00 WIB kita melakukan pelepasan distribusi terutama daerah terjauh atau terluar di Batam adalah hinterland, yaitu Kecamatan Bulang dan Galang, nanti menyusul Belakangpadang, karena ada kesiapan masih harus diyakinkan akan disusulkan dengan Kecamatan  Sungai Beduk, nanti setelah keberangkatan yang pertama ini akan dilakukan,” kata Mawardi.

Menurut Mawardi, proses awalnya pihaknya sudah melakukan pengecekan dari setiap surat dan kota suara yang berisikan jenis-jenis pemilu dari DPRD Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Pilpres.

“sesuai dengan keputusan dengan KPU Nomor 1281 tentang Kebutuhan Perlengkapan Suara dan Dukungan Lainnya, bahwa masing-masing kotak suara, baik itu DPRD Kota, Provinsi , DPD itu masing-masing ada tiga  item, ada juga perlengkapan diluar kotak suara,” jelas Mawardi.

Menurut Mawardi, berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan proses distirbusikan dilakukan mulai dari tanggal 07 Februari 2024 dan paling maksimal hingga tanggal 12 Februari 2024.

“masih ada rentang waktu 1 hari untuk perbaikan untuk kami lakukan. Artinya tanggal 12 Febaruari itu seluruhnya harus rampung dari Gudang KPU Kota Batam, dan tentu ke TPS karena sudah ada di Gudang kecamatan maka koordinasinya dengan PPK, maka dilaksanakan pada tanggal 12 atau 13, karena H-1 harus sudah ada di TPS,” kata Mawardi.

Mawardi merincikan, untuk Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Galang berjumlah 62 TPS, Kecamatan Bulang 37 TPS, dan Kecamatan Sungai Beduk sebanyak 238 TPS.

“Layanan distribusi kita bekerjasama dengan PT Pos Indonesia yang sama sama kita saksikan tadi. Hingga saat ini tidak ada persoalan distribusi, sesuai dengan harapan kita,” kata Mawardi.