KPU Batam Bakar 7,1 Ribu Surat Suara Jelang Pemilu, Rusak dan Berlebih

TERASBATAM.ID: Pada Selasa (13/2/24), KPU Kota Batam memusnahkan lebih dari 7 ribu lembar surat suara yang berlebih dan rusak di Gudang Logistik Sekupang. Pemusnahan dilakukan bersama Bawaslu dan pihak keamanan.

Ketua KPU Kota Batam, Mawardi, menjelaskan bahwa pemusnahan tersebut mengacu pada Undang-Undang Pemilu tahun 2023 tentang logistik pemilu. Surat suara yang dimusnahkan terdiri dari berbagai jenis, mencapai 5 jenis surat suara.

Proses pemusnahan ini merupakan tahap terakhir dalam tata kelola logistik pemilu yang diatur dalam keputusan KPU. Mawardi menegaskan bahwa pemusnahan ini merupakan proses terbuka yang disaksikan oleh Bawaslu dan kepolisian.

Surat suara yang dimusnahkan mencakup surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR-RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota. Meskipun demikian, Mawardi memastikan bahwa distribusi logistik pemilu untuk kota Batam sudah berjalan dengan baik.

Meskipun menghadapi kendala geografis, proses distribusi logistik pemilu dilakukan secara bertahap dan telah memenuhi jumlah yang dibutuhkan. Proses tersebut melibatkan koordinasi dengan pihak keamanan dan pengawasan dari Bawaslu.

Dengan pemusnahan ini, KPU Batam menegaskan kesiapannya untuk menyelenggarakan pemilu yang transparan dan tertib. Aksi pemusnahan ini juga menjadi simbol komitmen mereka dalam menjaga integritas dan keberlangsungan demokrasi.