Dewan Pers Bekali Jurnalis Batam Pengetahuan Peliputan Pemilu 2024

TERASBATAM.ID: Dewan Pers menggelar Workshop Peliputan Pemilu/Pilkada 2024 di Batam, Kepulauan Riau, pada Jumat (05/07/2024). Bertempat di Hotel Harris Resort Waterfront, kegiatan ini dihadiri puluhan jurnalis dari berbagai media, organisasi pers, ahli pers, dan pemangku kepentingan terkait.

Anggota Dewan Pers, Yadi Heriyadi Hendriana, mengungkapkan bahwa workshop ini merupakan bagian dari program nasional untuk membekali jurnalis dengan pengetahuan dan keterampilan dalam meliput Pemilu/Pilkada 2024.

“Targetnya, teman-teman jurnalis hadir di masyarakat untuk sosialisasi tentang Pilkada ini,” ujar Yadi.

Lebih lanjut, Yadi menegaskan peran penting pers dalam menjaga iklim demokrasi yang sehat dan membantu masyarakat dalam memilih pemimpin yang berkualitas.

“Pers itu penjaga demokrasi. Ini adalah tugas pers untuk membuat para pemilih atau masyarakat tidak salah dalam memilih,” terangnya.

Workshop ini menghadirkan narasumber yang kompeten, di antaranya anggota Dewan Pers, ahli pers, dan penyelenggara Pemilu/Pilkada. Para peserta dibekali materi tentang regulasi peliputan, kode etik jurnalistik, serta strategi meliput berbagai aspek Pemilu/Pilkada, seperti netralitas ASN, kampanye hitam, dan hoaks.

Selain pemaparan materi, workshop ini juga diisi dengan diskusi kelompok dan simulasi peliputan. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membahas topik-topik spesifik terkait Pemilu/Pilkada dan menyusun rencana liputan yang komprehensif.

Diharapkan melalui workshop ini, jurnalis di Batam dapat menjalankan tugasnya secara profesional dan bertanggung jawab dalam meliput Pemilu/Pilkada 2024, sehingga menghasilkan informasi yang akurat dan berimbang bagi masyarakat.

Kerja Sama Antar Pemangku Kepentingan

Workshop ini juga menjadi wadah bagi Dewan Pers, KPU, Bawaslu, dan berbagai pihak terkait untuk menjalin sinergi dalam menyukseskan Pemilu/Pilkada 2024.

“Kita ingin media menjadi indikator. Mampu memberikan berita terbaik, positif dan bisa mengarahkan ke publik, supaya publik tidak salah memilih nanti,” kata Yadi.

Dengan kolaborasi yang solid, diharapkan penyelenggaraan Pemilu/Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar, tertib, dan demokratis, menghasilkan pemimpin yang amanah dan berintegritas.

[Laporan: RAM]