Dana Pilkada Batam Cair 60 Persen, KPU Siap Gelar Tahapan Penting

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Batam, Adri (memegang mic) mengatakan dana Pilkada tahap II sudah terima Juni 2024.

TERASBATAM.ID: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam telah menerima dana hibah tahap II untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sebesar 60 persen atau Rp 23,9 miliar dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam. Pencairan dana ini akan digunakan untuk membiayai berbagai tahapan penting Pilkada, termasuk honorarium penyelenggara dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Dana hibah ini akan kita gunakan untuk membiayai berbagai tahapan Pilkada, seperti honorarium penyelenggara, sosialisasi, dan logistik,” ujar Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Batam, Adri Wislawawan, Senin (1/07/2024).

Alokasi dana terbesar, yaitu 60 persen, akan digunakan untuk membiayai honorarium penyelenggara Pilkada. Hal ini wajar karena penyelenggara Pilkada merupakan garda terdepan dalam memastikan kelancaran dan kredibilitas penyelenggaraan Pilkada.

“Honorarium memang menjadi komponen terbesar dalam anggaran Pilkada karena penyelenggara memiliki peran penting dalam menyukseskan Pilkada,” jelas Ketua KPU Batam, Mawardi.

Mawardi menambahkan bahwa KPU Batam sebelumnya mengusulkan anggaran Pilkada sebesar Rp 74 miliar. Namun, setelah melalui proses rasionalisasi dengan Pemko Batam, anggaran Pilkada disepakati sebesar Rp 39 miliar.

Meskipun mengalami pemangkasan anggaran, Mawardi yakin bahwa KPU Batam tetap dapat melaksanakan Pilkada 2024 dengan sukses. Hal ini berkat komitmen dan kerja keras seluruh penyelenggara Pilkada serta dukungan dari berbagai pihak terkait.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kota Batam, Riama Manurung, memastikan bahwa Pemko Batam berkomitmen untuk mendukung penuh pelaksanaan Pilkada 2024. Anggaran Pilkada 2024 totalnya senilai Rp 53,95 miliar, dengan rincian Rp 39,16 miliar untuk KPU dan Rp 14,8 miliar untuk Bawaslu.

“Pemko Batam berkomitmen untuk mendukung penuh pelaksanaan Pilkada 2024. Kami telah mengalokasikan anggaran yang cukup untuk memastikan kelancaran Pilkada,” ujar Riama.

Dengan dana hibah yang telah cair, KPU Batam optimis dapat melaksanakan tahapan Pilkada selanjutnya dengan lancar dan sukses. Masyarakat Batam pun diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam Pilkada 2024 untuk memilih pemimpin terbaik bagi kota Batam.

[Laporan : Rom]