Bintan  

Begini Respon Pastor Gereja Katolik di Tanjunguban Terkait Pernikahan Sejenis

TERASBATAM.ID: Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau saat ini tengah melakukan klarifikasi terkait tentang pemberkatan pernikahan transgender putera konglomerat Anthony Salim, Alston Stephanus dan Eren Schifferling di Gereja Katolik Santo Yohanes Don Bosco.

Merespon sikap Kakanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau serta peristiwa pernikahan transgender itu, Pastor Paroki Gereja St Yohanes Don Bosco Tanjunguban Romo Agustinus Tupen Belo yang dihubungi www.terasbatam.id Senin (20/05/2024) mengusulkan untuk menelusurinya kepada Pastor yang memimpin pemberkatan pernikahan tersebut.

“Selamat pagi. Usul saya, silahkan tanya kepada pastor paroki Tanjung Pinang yang memberkati perkawinan. Saya tidak ikut dalam pemberkatan perkawinan,” kata Romo Agustinus menjawab pesan yang dikirim kepadanya.

Sumber www.terasbatam.id menyebutkan, walaupun Romo Agustinus Tupen Belo juga tinggal di Kompleks Gereja Santo Yohanes Don Bosco di Tanjunguban, namun dirinya tidak dilibatkan dalam acara tersebut. Terdapat 3 orang Pastor yang hadir disana berasal dari Tanjungpinang, Kijang dan Tanjunguban, minus Romo Agustinus.

Acara pemberkatan pasangan tersebut juga superketat, pada saat acara berlangsung hanya orang tertentu saja yang dapat masuk ke lingkungan gereja, bahkan petinggi-petinggi perusahaan milik Anthony Salim yang beroperasi di Batam dan Bintan berada diluar kompleks gereja yang berada di Jalan Raya Lobam yang menghubungkan antara Tanjunguban dan Tanjungpinang.

Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Mahbub Daryanto berjanji akan menyelidiki informasi mengenai pernikahan pasangan  yang diduga transgender di salah satu gereja Katolik di Tanjunguban, Bintan, Kepulaua Riau.

“Jadi begini, Katolik ini kan punya aturan sendiri dari Roma di Vatikan. Kalau di Muslim menikah di KUA (Kantor Urusan Agama) itu secara otomatis diakui oleh negara, kalau umat Kristen Katolik menikah di Gereja mesti mencatat lagi di catatan Sipil untuk di sahkan. Saya belum tahu apakah pernikahan sejenis atau transgender dibolehkan di agama Katolik,” kata Mahbub kepada www.terasbatam.id, Kamis (16/05/2024) di sela-sela acara Kemenag di Harmoni One Batam.

Selanjutnya , Mahbub berjanji akan menindaklanjuti informasi tersebut dengan Pastor di gereja yang bersangkutan guna mengetahui lebih lanjut masalah tersebut.

Pasangan Alston Stephanus dan Eren Schifferling memilih gereja katolik di Tanjung Uban sebagai tempat ibadah untuk memberkati pernikahan mereka pada Mei 2023 lalu. Pasangan ini menjadi pasangan sejenis pertama di Indonesia yang mendapat pemberkataan di Gereja secara formal, walaupun Pastoral Katolik membantah jika ini disebut pernikahan sejenis yang diketahui.

Alston sendiri bukanlah orang sembarangan, dia adalah putera bungsu dari Konglomerat Anthony Salim dan Margaret Salim. Anthony pemilik Indomaret, serta banyak bisnisnya bertebaran di Kepri. Beberapa yang cukup dikenal ialah Kawasan Pariwisata Lagoi dan Peternakan Babi di Pulau Bulan.

Eren Schifferling, pasangannya yang diklaim sebagai transgender merupakan artis cosplay, hal ini juga ditandai dengan menyebut dirinya dengan sebutan They/them di akun media sosialnya. Sebutan ini menegaskan sebagai non biner.

Hubungan transgender dan pernikahan keduanya ini sudah viral di akun media social tiktok, namun tidak disebutkan mereka menikah dimana. Dan ternyata pernikahan tersebut dilaksanakan di sebuah gereja yang berada di jalan lintas Tanjunguban-Tanjungpinang.

Hubungan antara Alston Stephanus dan Eren sudah menarik perhatian sejak keduanya bertemu dalam ajang Cosplay di Jakarta. Alston yang pernah tinggal di Amerika dan London ini tidak menambalkan nama belakangnya dengan nama Salim.

[Laporan: Rom]