Kepri  

Bapenda Kepri Luncurkan Fuel Card Agar Subsidi BBM Tepat Sasaran

TERASBATAM.ID: Era baru pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kepulauan Riau (Kepri) dimulai. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kepri resmi meluncurkan sistem pelayanan program BBM bersubsidi melalui transaksi non tunai menggunakan Fuel Card.

Kepala Bapenda Kota Batam, Diky Wijaya, menjelaskan bahwa program ini merupakan langkah digitalisasi pembelian BBM non subsidi, dari tunai menjadi non tunai. Kepri ditunjuk sebagai salah satu wilayah percontohan, mengikuti negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

“Kepri mulai hari ini dan seterusnya akan menerapkan digitalisasi. Ini merupakan bentuk apresiasi kepada wajib pajak yang taat,” kata Diky, Selasa (04/06/2024).

Fuel Card diberikan secara gratis kepada wajib pajak yang telah berkontribusi dalam pembangunan daerah melalui pembayaran pajak daerah.

“Mereka dapat fuel card secara cuma-cuma. Mereka hanya mengisi form yang kami sediakan di tempat pembayaran pajak,” ujarnya.

Penerapan Bertahap dan Dukungan Pertamina

Program ini masih dalam tahap sosialisasi dan diharapkan dapat terwujud pada tahun 2025 dengan dukungan Pertamina, perbankan, dan Jasa Raharja.

Sales Area Manager Kepulauan Riau, Pertamina Patra Niaga, Bagus Handoko, menyatakan dukungan penuh Pertamina terhadap Fuel Card.

“Pada dasarnya kami sudah memiliki wwww.subsiditepat.mypertamina.id yang juga telah menerapkan pembelian BBM non tunai,” imbuhnya.

Fuel Card diharapkan dapat menjadi pelengkap program Pertamina untuk memastikan subsidi BBM tepat sasaran.

“Kebijakan ini berhubungan dengan pajak. Karena ini teknis, dan hal ini sangat mungkin terjadi,” sebutnya.

Pemerintah Kepri berharap program digitalisasi ini dapat berjalan dengan baik dan diterima oleh seluruh masyarakat.

Tantangan yang mungkin dihadapi adalah sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, serta kesiapan infrastruktur dan sistem pendukung di SPBU.

Meskipun demikian, Fuel Card merupakan langkah maju dalam mewujudkan sistem pembelian BBM yang lebih transparan, akuntabel, dan tepat sasaran di Kepri