TERASBATAM.ID: Aktivitas operasional sebuah perusahaan pasti membutuhkan sumber daya yang memadai. Itulah mengapa dibutuhkan sistem pengadaan barang perusahaan yang benar-benar efektif dan efisien. Proses pengadaan ini tidak bisa dilakukan asal-asalan apalagi jika perusahaan sudah berjalan dengan skala yang cukup besar.
Dibutuhkan perencanaan yang matang sehingga proses pengadaan barang untuk perusahaan ini bisa berjalan secara efisien. Jika berjalan dengan lancar dan efisien maka biaya yang dibutuhkan juga tidak akan membengkak jauh melebihi anggaran. Mari cari tahu apa saja cara untuk meningkatkan efisiensi pengadaan barang-barang di sebuah perusahaan.
Meningkatkan Efisiensi Pengadaan Barang perusahaan
Kelengkapan barang-barang yang mendukung operasional perusahaan menjadi salah satu faktor yang akan mendorong kesuksesan bisnis itu sendiri. Itulah mengapa harus dipastikan berjalan lancar dan efisien. Berikut ini beberapa tips yang dapat diterapkan agar perusahaan bisa mengadakan kebutuhan barang secara efisien:
1. Lakukan Pengecekan Barang secara Teliti
Pertama, lakukan dulu pengecekan barang secara teliti. Barang yang akan dibeli atau diadakan harus benar-benar tepat jenis maupun jumlahnya. Dalam hal ini tentu saja perusahaan memiliki kebutuhan barang yang berbeda-beda jadi sangat bergantung pada masing-masing perusahaan tersebut.
Pengecekan ini sebaiknya dilakukan sebelum dan setelah membeli. Sebelum melakukan pembelian, perhatikan baik-baik apa saja barang yang harus dibeli dan berapa jumlahnya. Setelah pembelian dilakukan, cek ulang apakah sudah benar sesuai apa yang dipesan atau tidak.
2. Pilih Supplier yang Profesional
Penting sekali untuk bekerja sama dengan supplier yang benar-benar profesional dan bisa dipercaya. Saat ini ada banyak sekali supplier yang memfasilitasi pengadaan kebutuhan barang perusahaan. Hanya saja tidak semua bisa dipercaya dan diandalkan. Lihat dulu kriteria supplier seperti apa yang bisa dipercaya dan kalau perlu cari ulasan atau review pelayanannya terlebih dahulu.
Pemilihan supplier ini mungkin akan membutuhkan waktu. Anda juga mungkin harus berpindah dari supplier satu ke supplier yang lain. Tidak masalah, siapkan waktu agar Anda bisa menemukan supplier yang benar-benar bisa memenuhi kebutuhan perusahaan dengan baik.
3. Jalin Relasi yang Baik dengan Supplier
Cobalah untuk menjalin relasi yang baik dengan supplier pilihan. Jika kamu sudah menemukan supplier yang tepat dan terpercaya maka jalinlah hubungan yang baik. Bangun komunikasi yang efektif sehingga proses pengadaan barang bisa berjalan dengan lancar. Terus jaga hubungan agar kedua pihak bisa saling percaya dan efisiensi pengadaan barang perusahaan jadi lebih optimal.
4. Selalu Lakukan Quality Control
Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah quality control. Tim pengadaan yang bekerja di perusahaan harus melakukan quality control secara rutin. Tujuannya adalah agar bisa mengetahui seperti apa kondisi barang yang dimiliki oleh perusahaan. Tidak hanya saat barang diterima namun ketika barang sudah disimpan untuk jangka waktu tertentu.
Quality control ini bisa dilakukan dalam periode waktu tertentu. Jadi tim pengadaan harus membuat jadwal khusus untuk melakukan quality control. Selain itu pengecekan juga harus dilakukan sesuai kategori barang yang ada. Tidak hanya menilai kualitas barang namun juga kuantitasnya harus diperiksa kembali.
5. Ikuti Tren Pengadaan yang Berlangsung
Penting sekali bagi tim pengadaan barang untuk melihat tren pengadaan yang sedang berlangsung saat ini. Ini berhubungan dengan efisiensi barang yang harus dibeli oleh perusahaan. Tim bisa mengamati tren barang yang saat ini sedang digunakan oleh masyarakat. Cari tahu juga kebutuhan masyarakat di waktu sekarang sehingga bisa mengadakan barang sesuai kebutuhan tersebut.
6. Lakukan Pelatihan Tim secara Intensif
Demi mengoptimalkan efisiensi pengadaan barang di sebuah perusahaan, maka tim yang bekerja harus memiliki performa yang baik. Itulah mengapa perlu diadakan pelatihan tim secara intensif. Apalagi proses pengadaan barang ini bisa terus berkembang dan berubah sesuai kapasitas perusahaan.
Pelatihan ini bisa dilakukan secara berkala. Jadi tim yang bekerja akan terus mendapatkan update ilmu dan skill mengenai proses pengadaan barang di perusahaan. Ini dilakukan demi meminimalkan kesalahan dan memperlancar proses pengadaan barang tersebut.
7. Gunakan Aplikasi Digital
Saat ini ada aplikasi digital yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan efisiensi pengadaan barang di sebuah perusahaan. Di era digital seperti sekarang tentu saja aplikasi semacam itu harus dimanfaatkan. Jadi tidak lagi dilakukan secara manual tetapi benar-benar bisa dioptimalkan memakai bantuan tools yang sudah ada.
Kesalahan atau human error dalam proses pengadaan barang juga bisa diminimalkan. Hanya saja perusahaan harus bisa menemukan jenis aplikasi digital yang memang fiturnya sesuai dan efektivitasnya tinggi. Mungkin akan dibutuhkan beberapa kali percobaan agar bisa mendapatkan aplikasi yang paling cocok.
Manfaatkan Blibli untuk Kelancaraan Pengadaan Barang di Perusahaan
Anda bisa memanfaatkan platform e-commerce Blibli untuk mendukung proses kelancaran pengadaan barang atau kebutuhan lainnya bagi perusahaan. Blibli telah menghadirkan layanan Blibli for Business. Layanan ini dihadirkan untuk perusahaan yang harus melakukan pengadaan barang demi memperlancar operasional bisnis.
Blibli juga hadir sebagai platform marketplace B2B dimana perusahaan bisa bertemu perusahaan lain yang menyediakan barang kebutuhan bisnis. Tentu prosesnya jauh lebih efektif dan efisien karena bisa diakses secara online. Pilihan supplier yang bisa dipercaya juga begitu banyak dengan penawaran harga yang bervariasi.
Blibli for Business bisa menjadi sebuah solusi yang tepat untuk meningkatkan efisiensi pengadaan barang perusahaan. Tim yang bekerja juga akan merasa dimudahkan berkat adanya layanan marketplace B2B ini. Perhatikan baik-baik jenis barang apa saja yang dibutuhkan, berapa kuantitasnya, lalu mulailah mencari lewat platform Blibli.